PERAN INDUSTRI SOGAN BATIK REJODANI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DUSUN REJODANI DESA SARIHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

NURMALIYATUL KISTIYAH, NIM. 12230078 (2016) PERAN INDUSTRI SOGAN BATIK REJODANI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DUSUN REJODANI DESA SARIHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN INDUSTRI SOGAN BATIK REJODANI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DUSUN REJODANI DESA SARIHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
12230078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN INDUSTRI SOGAN BATIK REJODANI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DUSUN REJODANI DESA SARIHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
12230078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari persolan kemiskinan dan keterbelakangan yang masih menjadi topik pembincaraan sampai saat ini. Kemiskinan merupakan ketidaksamaan untuk mengakumulasi basis kekuasaan sosial. Upaya penegentasan kemiskinan sudah sering dilakukan oleh banyak lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah yang menginisiasi berbagai program pemberdayaan masyarakat maupun usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) yang bertujuan menumbuhkan usaha maupun wirausaha baru dan menampung tenaga kerja sehingga mampu meningkatkan pendapatan. Industri Sogan Batik Rejodani merupakan salah satu industri kecil yang melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat. Dalam skripsi ini peneliti melakukan penelitian mengenai bagaimana peran Industri Sogan Batik Rejodani dan bagaimana dampak positif dari adanya Industri Sogan Batik Rejodani dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Masyarakat yang peneliti maksud adalah karyawan Industri Sogan Batik Rejodani. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan peran Industri Sogan Batik Rejodani dan dampak postif dari adanya Industri Sogan Batik Rejodani dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif, data yang diperoleh dikumpulkan dan diwujudkan secara langsung dalam bentuk deskriptif atau gambaran tentang suasana atau keadaan obyek secara menyeluruh, dan apa adanya berupa katakata lisan atau tulisan dari orang atau perilaku yang diamati. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan peneliti menggunakan teknik purposive, yaitu teknik pengambilan informan (sumber data) yang didasarkan atas pertimbangan tertentu, dengan cara peneliti memilih orang tertentu yang dipertimbangkan alan memberikan data yang diperlukan. Dalam penelitian ini ada 5 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Industri Sogan Batik Rejodani dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yakni meliputi: pertama, fasilitasi yang dilakukan adalah menyediakan lapangan kerja, menyediakan perlengkapan produksi dan pembuatan struktur ketenaga kerjaan. Kedua, motivasi yang dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu flashback dan cerita inspiratif. Ketiga, networking yang mana peran ini dilakukan dalam pemasaran produk Sogan Batik Rejodani. Dampak positif dari adanya Industri Sogan Batik Rejodani dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat memiliki hasil yakni meliputi: memciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan etos kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Fajrul Munawir, M. Ag. NIP 19700409 199803 1 002
Uncontrolled Keywords: Peran Industri, Sogan Batik Rejodani, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2016 06:40
Last Modified: 16 Dec 2016 06:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22944

Actions (login required)

View Item View Item