EVALUASI INSTITUTIONAL REPOSITORY MENGGUNAKAN TRUSTWORTHY REPOSITORIES AUDIT AND CERTIFICATION (TRAC) (Studi Kasus Pada Institutional Repository Perguruan Tinggi Di Surabaya)

Amirul Ulum, NIM : 1420011017 (2016) EVALUASI INSTITUTIONAL REPOSITORY MENGGUNAKAN TRUSTWORTHY REPOSITORIES AUDIT AND CERTIFICATION (TRAC) (Studi Kasus Pada Institutional Repository Perguruan Tinggi Di Surabaya). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI INSTITUTIONAL REPOSITORY MENGGUNAKAN TRUSTWORTHY REPOSITORIES AUDIT AND CERTIFICATION (TRAC) (Studi Kasus Pada Institutional Repository Perguruan Tinggi Di Surabaya))
1420011017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI INSTITUTIONAL REPOSITORY MENGGUNAKAN TRUSTWORTHY REPOSITORIES AUDIT AND CERTIFICATION (TRAC) (Studi Kasus Pada Institutional Repository Perguruan Tinggi Di Surabaya))
1420011017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Institutional repository di perguruan tinggi merupakan salah satu bentuk sarana publikasi institusi bagi karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika. Sebagai sebuah organisasi, institutional repository memerlukan proses evaluasi untuk menjamin kepercayaan dan keberlanjutan terhadap akses yang diberikan kepada pengguna. Latar belakang penelitian ini adalah tentang Evaluasi Institutional Repository Menggunakan Trustworthy Repositories Audit Certification (TRAC) (Studi Kasus Pada Institutional Repository Perguruan Tinggi Di Surabaya). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi institutional repository pada perguruan tinggi di Surabaya dengan menggunakan Self-Evaluation Tools For Documenting Best Practices in Institutional Repositories yang berbasis TRAC. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan teori Miles and Huberman, yaitu dengan mereduksi data, memfokuskan pada tema penelitian, menyajikan data, menjelaskan berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menyimpulkan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa institutional repository perguruan tinggi di Surabaya belum melakukan evaluasi terhadap sistem dan organisasi institutional repository. Relevansi terhadap evaluasi sistem dan organisasi institutional repository dapat memberikan jaminan terhadap aspek organisasi dan kebijakan, keberlanjutan pendanaan, kebijakan akses, manajemen obyek digital, serta faktor infrastruktur dan keamanan teknis, sehingga memberikan dampak pada kepercayaan (trustworthy) antara pemilik karya (depositor) dan pengguna (user) yang melakukan akses terhadap institutional repository tersebut. Rekomendasi dari hasil evaluasi dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi institusi untuk mengembangkan institutional repository yang dapat menjamin kepercayaan dan keberlanjutan pengembangan secara periodik bagi institusi. Kata Kunci : Institutional repository, Trustworthy, Digital repository

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rokhyanti Zulaikha, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Institutional repository, Trustworthy, Digital repository
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:08
Last Modified: 07 Mar 2024 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum