EVALUASI IMPLEMENTASI CRIME PREVENTION THROUGH ENVIRONMENTAL DESIGN (CPETD) DI PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENANGULANGAN BENCANA DARI FAKTOR MANUSIA (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN MUSEUM RADYA PUSTAKA SURAKARTA JAWA TENGAH)

FERRY ADITYO PUTRO, NIM.1220011023 (2016) EVALUASI IMPLEMENTASI CRIME PREVENTION THROUGH ENVIRONMENTAL DESIGN (CPETD) DI PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENANGULANGAN BENCANA DARI FAKTOR MANUSIA (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN MUSEUM RADYA PUSTAKA SURAKARTA JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI IMPLEMENTASI CRIME PREVENTION THROUGH ENVIRONMENTAL DESIGN (CPETD) DI PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENANGULANGAN BENCANA DARI FAKTOR MANUSIA (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN MUSEUM RADYA PUSTAKA SURAKARTA JAWA TENGAH))
1220011023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI IMPLEMENTASI CRIME PREVENTION THROUGH ENVIRONMENTAL DESIGN (CPETD) DI PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENANGULANGAN BENCANA DARI FAKTOR MANUSIA (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN MUSEUM RADYA PUSTAKA SURAKARTA JAWA TENGAH))
1220011023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Sebuah informasi memiliki jangka waktu akses yang tidak bisa kita pastikan keberadaaanya. Maka dari itu sebuah informasi tentunya mempunyai perlakuan yang khusus untuk melestarikanya sehingga kandungan informasi yang ada didalamnya tidak mengalami perubahan yang bisa menurunkan kualitas informasi tersebut. Salah satu perpustakaan yang bertugas melestarikan sebuah informasi adalah perpustakaan Museum Radya Pustaka. Perpustakaan Museum Radya Pustaka banyak menyimpan koleksi Manuscript dari abad 17 hingga abad 19. Segala hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada koleksi di perpustakaan, termasuk naskah, dikategorikan sebagai bencana.Jenis bencana yang terjadi di perpustakaan ada dua macam yaitu bencana yang disebabkan oleh alam seperti kebakaran, banjir, gejala alam (angin topan, gempa bumi, dll) serta bencana yang disebabkan oleh ulah manusia seperti perusakan dan pencurian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha pencegahan kejahatan melalui prinsip desain lingkungan atau crime prevention through environmental design (CPETD) merupakan strategi pencegahan kejahatan yang beranggapan bahwa desain dan pengunaan bangunan yang tepat melingkupi lingkungan dapat meningkatkan kualitas hidup dengan mencehgah kejahatan dan mengurangi rasa takut terhadap kejahatan. Upaya menciptakan keamanan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan access control, surveillance, dan territoriality sebagai strategi pencegahan kejahatan melalui desain lingkungan atau crime prevention through environmental design. Strategi pencegahan kejahatan ini menjadi salah satu strategi yang dapat diterapkan di perpustakaan sebagai upaya pengamanan koleksi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah staf keamanan dan pengelola Perpustakaan Museum Radya Pustaka. Objek penelitian adalah Perpustakaan Museum Radya Pustaka. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitan menunjukan bahwa Perpustakaan Museum Radya Pustaka secara umum telah menerapkan usaha pencegahan kejahatan melalui prinsip desain lingkungan atau crime prevention through environmental design (CPETD). Secara umum penerapan strategi pencegahan melalui disain lingkungan atau crime prevention through environmental design di Museum Radya Pustaka sudah dilakukan. Komponen yang dilihat dalam penerapan crime prevention through environmental design meliputi access control, surveillance, dan territoriality dilakukan dengan beberapa metode.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sistemkeamanan, Naskahkuno, Perpustakaan Museum RadyaPustaka, crime prevention through environmental design
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Dec 2016 06:55
Last Modified: 19 Dec 2016 06:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22979

Actions (login required)

View Item View Item