PENDAMPINGAN BALITA TERLANTAR DI LKSA SERI DERMA YOGYAKARTA (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BALITA)

SISKA ARFIANA, NIM. 1420011023 (2016) PENDAMPINGAN BALITA TERLANTAR DI LKSA SERI DERMA YOGYAKARTA (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BALITA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN BALITA TERLANTAR DI LKSA SERI DERMA YOGYAKARTA (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BALITA))
1420011023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN BALITA TERLANTAR DI LKSA SERI DERMA YOGYAKARTA (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BALITA))
1420011023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anak adalah harapan masa depan bangsa. Banyak terjadi kasus-kasus yang menimpa generasi penerus bangsa ini. Salah satunya kasus-kasus yang santer terdengar seperti kekerasan, eksploitasi, penelantaran, dan tindakan-tindakan kriminal yang terjadi pada anak lainnya. Kasus penelantaran anak juga banyak terjadi dikalangan keluarga miskin maupun keluarga berada. Penyebabnya tidak hanya karena kemiskinan namun juga karna pemahaman pola asuh yang salah dari orang tua dan keluarga anak tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya pendampingan lebih awal terhadap keluarga-keluarga yang memiliki anak balita supaya tidak terjadi penelantaran anak yang salah satu akibatnya anak mengalami gizi buruk/kurang gizi. Program kesejahteraan sosial anak (PKSA) bertujuan mewujudkan pemenuhan hak dasar anak dan melindungi anak dari ketelantaran, eksploitasi, dan diskriminasi. PKSA adalah upaya yang terarah, terpadu, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar anak melalui berbagai bantuan, aksesibilitas pelayanan sosial dasar, penguatan orang tua/keluarga dan penguatan lembaga kesejahteraan sosial anak. Program ini berbentuk bantuan tunai bersyarat (conditional cash transfer) dalam bentuk tabungan kesejahteraan sosial anak. PKSA ini terdiri dari enam klaster program menurut permasalahan klien, salah satunya program kesejahteraan sosial anak balita (PKSAB), diperuntukkan untuk klien balita yang terlantar/sengaja ditelantarkan yaitu dengan melayani kebutuhan dasar, aksesibilitas layanan publik, dan hak sipil. PKSAB disalurkan melalui lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA), salah satunya adalah LKSA Seri Derma. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini fokus pada pelaksanaan program kesejahteraan sosial anak balita di LKSA Seri Derma dan menemukan faktor penghambat dan pendorong ketercapaian atau keberhasilan program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program kesejahteraan sosial anak balita di LKSA Seri Derma sudah sesuai dengan teori psikologi humanistik dimana salah satu konsepnya yaitu hirarki kebutuhan yang dapat dilihat dari pelaksanaan program dari Kementerian Sosial. Adapun tahaptahapnya adalah verifikasi data penerima manfaat, membuat tabungan anak, sosialisasi program, pengambilan tabungan anak, temu penguatan anak dan keluarga, monitoring, dan evaluasi. Kemudian faktor penghambat ketercapaian program yaitu keterbatasan sumber daya manusia didalam lembaga, kurangnya peran aktif orang tua, dan pola pikir penerima manfaat masih rendah. Faktor pendukung yaitu kerjasama lembaga yang baik, dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan sosial, balita terlantar, kesehatan, pendampingan
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:25
Last Modified: 20 Dec 2016 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum