EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

FUAD ISKANDAR, NIM. 1420410223 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1420410223_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1420410223_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi masih minimnya penggunaan teknologi multimedia pada pembelajaran bahasa Arab di tengah-tengah kemajuan teknologi informasi, banyak siswa dalam hitungan jam atau hari, kesusahan dalam memahami materi bahkan mudah hilang dan lupa. Selain itu, kurang adanya pemahaman tentang pengaplikasian materi yang sudah dipelajari oleh siswa dalam praktek pembelajaran di kelas contoh dalam pembuatan kalimat sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teknologi multimedia yang ada di SMP Islam Terpadu Masjid Syuhada Yogyakarta dan perbedaan hasil belajar antara pre post dan post test. Selain itu, untuk mengetahui respond siswa terhadap penggunaan teknologi multimedia pada pembelajaran bahasa Arab yang telah diterapkan di kelas VIII SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian campuran di mana penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan secara bergantian. Penelitian kuantitatif digunakan untuk mengetahui seberapa efektif pengaruh teknologi multimedia terhadap pembelajaran bahasa Arab dan bagaiman respon siswa terhadap penggunaan teknologi multimedia terhadap pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta, sedangkan penelitain kualitatif digunakan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung maupun menghambat penggunaan teknologi multimedia terhadap pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Data penelitian diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan teknologi multimedia terhadap pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Hasil analisis Uji Beda Mean menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-Test lebih besar dari pada nilai rata-rata pre-test, yaitu 15,3333 dan 13,5208, dengan selisih rata-rata sebesar 1,8125. Dan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan independent t-test diperoleh t hitung sebesar 3,05730 lebih besar dari t tabel yaitu 0,679 (3,05730 0,679) dengan taraf signifikan kurang dari 5% (0,001 0,05). 3) pada lembar hasil belajar Post-Test. Respond siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta menunjukkan hasil yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Taufiq Ahmad Dardiri, S. U.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Teknologi, Multimedia, Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:42
Last Modified: 20 Dec 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum