REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER DALAM SINETRON PEREMPUAN DI PINGGIR JALAN (STUDI ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE)

FAUZANI NUR WIJAYANTI, NIM. 12210017 (2016) REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER DALAM SINETRON PEREMPUAN DI PINGGIR JALAN (STUDI ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER DALAM SINETRON PEREMPUAN DI PINGGIR JALAN (STUDI ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE))
12210017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER DALAM SINETRON PEREMPUAN DI PINGGIR JALAN (STUDI ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE))
12210017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fauzani Nur Wijayanti. 12210017. Skripsi : Representasi Ketidakadilan Gender Dalam Sinetron Perempuan di Pinggir Jalan (Studi Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce). Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Setiap stasiun televisi mempunyai acara dengan genre yang beragam. Sinetron menjadi salah satu program acara yang tayang di waktu prime time dan mendapat minat paling besar di kalangan masyarakat. Perempuan seringkali dijadikan sebagai obyek utama dalam tayangan sinetron. Permasalahan perempuan yang ditampilkan telah melahirkan representasi ketidakadilan gender. Berdasarkan persoalan itulah penelitian ini akan mengungkapkan bagaimana representasi ketidakadilan gender yang terdapat dalam sinetron Perempuan di Pinggir Jalan yang digambarkan dalam karakter tokoh Nita, dalam episode 1-10. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik Charles Sanders Pierce yaitu dengan menganalisis scene yang terdiri dari dialog dan gambar kemudian diklasifikasikan dalam tanda berbentuk ikon, indeks, dan simbol. Sedangkan representasi ketidakadilan gender menggunakan paradigma ketidakadilan gender Mansour Fakih yang meliputi marginalisasi, subordinasi, streotipe, kekerasan, dan beban kerja ganda. Analisis juga dikaitkan dengan pandangan feminisme radikal, muslim, liberalisme, sosialis dan marxis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinetron Perempuan di Pinggir Jalan dalam menampilkan perempuan sebagai tokoh utama telah menimbulkan berbagai ketidakadilan gender. Berdasarkan hasil analisis perempuan direpresentasikan sebagai kaum yang tertindas (marginalisasi), perempuan yang tersubordinasi, perempuan sebagai korban kekerasan (violence), perempuan dengan label negatif (streotipe), dan perempuan dengan beban kerja berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Alimatul Qibtiyah, S.Ag, M.Si., M.A, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Representasi, Ketidakadilan Gender, Sinetron, Analisis Semiotik
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:48
Last Modified: 20 Dec 2016 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23000

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum