NILAI BIRRUL WALIDAIN DALAM NOVEL ANTARA CINTA DAN RIDHA UMMI KARYA ASMA NADIA (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDER PEIRCE)

PUTRI HAJAR SUSILOWATI, NIM. 12210035 (2016) NILAI BIRRUL WALIDAIN DALAM NOVEL ANTARA CINTA DAN RIDHA UMMI KARYA ASMA NADIA (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDER PEIRCE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI BIRRUL WALIDAIN DALAM NOVEL ANTARA CINTA DAN RIDHA UMMI KARYA ASMA NADIA (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDER PEIRCE))
12210035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (NILAI BIRRUL WALIDAIN DALAM NOVEL ANTARA CINTA DAN RIDHA UMMI KARYA ASMA NADIA (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDER PEIRCE))
12210035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)

Abstract

PUTRI HAJAR SUSILOWATI. 12210035. Skripsi: "Nilai Birrul Walidain Dalam Novel Antara Cinta & Ridha Ummi Karya Asma Nadia (Analisis Semiotik Charles Sander Peirce)". Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menjelaskan tentang nilai-nilai birrul walidain yang terkandung dalam novel Antara Cinta & Ridha Ummi, yang digambarkan oleh tokoh Ummi, Abah dan ketujuh anaknya serta Ummi dan Laras. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan di mana dalam mengidentifikasi tanda menggunakan teori birrul walidain menurut Yunahar Ilyas. Selanjutnya peneliti menganalisis tanda yang muncul dalam narasi dan dialog menggunakan analisis semiotik model Charles Sander Peirce, serta mengklasifikasikannya dalam jenis tanda ikon, indeks, dan simbol. Ikon yaitu terdapat suatu kemiripan antara tanda dengan objek, sementara indeks merupakan sebab akibat dan simbol adalah hubungan antara tanda dengan objek yang didasarkan pada konvensi sosial. Kemudian dalam memaknai tanda menggunakan triangle meaning dengan tiga tahap proses semiosis yaitu representamen (tanda), objek, dan interpretan (makna). Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan adanya beberapa nilai birrul walidain dalam novel Antara Cinta & Ridha Ummi, yaitu mematuhi perintah/keinginan dan saran/nasihat orang tua, menghormati dan memuliakan orang tua, membantu orang tua, dan mendoakan orang tua ketika masih hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Birrul walidain, Analisis Semiotika.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:55
Last Modified: 20 Dec 2016 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum