TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENJUNJUNG TINGGI NILAI PERBEDAAN DAN KESETARAAN BERSUKU DAN BERAGAMA VIDEOKLIP “SALAM” OLEH PENYANYI RAS MUHAMMAD

MUHAMMAD ARYA BHISMA P, NIM. 12210040 (2016) TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENJUNJUNG TINGGI NILAI PERBEDAAN DAN KESETARAAN BERSUKU DAN BERAGAMA VIDEOKLIP “SALAM” OLEH PENYANYI RAS MUHAMMAD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENJUNJUNG TINGGI NILAI PERBEDAAN DAN KESETARAAN BERSUKU DAN BERAGAMA VIDEOKLIP “SALAM” OLEH PENYANYI RAS MUHAMMAD)
12210040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENJUNJUNG TINGGI NILAI PERBEDAAN DAN KESETARAAN BERSUKU DAN BERAGAMA VIDEOKLIP “SALAM” OLEH PENYANYI RAS MUHAMMAD)
12210040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Videoklip dengan judul salam dari Ras Muhammad ini menceritakan tentang sebuah kesetaraan dalam bersuku dan beragama yang dikemas dalam videoklip dengan teknik sinematografi yang menarik. Penelitian ini berjudul "Teknik Sinematografi Dalam Menjunjung Tinggi Nilai Perbedaan dan Kesetaraan Bersuku dan Beragama Videoklip Salam Oleh Penyanyi Ras Muhammad". Peneliti ingin mengetahui bagaimana teknik sinematografi dipakai sebagai alat untuk menyampaikan pesan kesetaraan dalam bersuku dan beragama. Tujuan dari penelitian ini mengetahui teknik apasajakah yang dipakai dalam videoklip Salam dari Ras Muhammad dalam upaya menyampaikan pesan kesetaraan dalam bersuku dan beragama. Metodologi dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan bahan visual untuk menganalisis objek penelitian. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi yaitu berupa videoklip salam dari Ras Muhammad. Hasil penelitian dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 teknik, camera angle, tipografi video, composittion. Camera angle sebagai alat untuk mempertegas karakter dengan memfokuskan kamera kepada identitas talent, melalui teknik-teknik seperti medium shot, dengan fokus kepada pakaian, warna kulit, teknik following, arc, panning lef/right, walking in/outyang menggiring penonton membedakan identitas talent, juga long shot menampilkan kedudukan semuanya itu sama. Teknik tipografi video sebagai penegasan pesan, seperti "Greeting to each and everyone" yang berarti salam untuk kamu dan semua orang, pesan dalam lirik lagu akan dipertegas melalui teks dibelakang frame sepanjang videoklip. Composittion mengatur keseimbangan teknik dengan membagi frame sebagai keseimbangan alur cerita, menggunakan teknik sepertiga layar, golden mean area yang memisahkan antara tipografi video dan camera angle sehingga penonton bisa menilai dan memahami alur cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Alimatul Qibtiyah, S.Ag, M.Si, M.A, Ph,D
Uncontrolled Keywords: Sinematografi, Videoklip Salam Ras Muhammad, Pesan, Kesetaraan
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:57
Last Modified: 20 Dec 2016 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum