PERILAKU KOMUNIKASI PASANGAN SAMIN-NONSAMIN DALAM UPAYA AKOMODASI DI DESA BATUREJO KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI

ARIVIA NUJUMULHAYAT, NIM. 12210047 (2016) PERILAKU KOMUNIKASI PASANGAN SAMIN-NONSAMIN DALAM UPAYA AKOMODASI DI DESA BATUREJO KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU KOMUNIKASI PASANGAN SAMIN-NONSAMIN DALAM UPAYA AKOMODASI DI DESA BATUREJO KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI)
12210047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU KOMUNIKASI PASANGAN SAMIN-NONSAMIN DALAM UPAYA AKOMODASI DI DESA BATUREJO KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI)
12210047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Arivia Nujumulhayat (12210047) "Perilaku Komunikasi Pasangan Samin-Nonsamin di Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati". Gelombang modernitas perlahan menuntut banyak perubahan pada kehidupan warga Samin di Baturejo. Salah satu fenomena yang muncul dari gelombang modernitas yang menerpa, intens-nya interaksi dengan warga di luar Samin, serta mulai terbukanya pola pikir masyarakat Samin di Baturejo ialah adanya pernikahan berbeda agama, antara anggota masyarakat Samin dengan non- Samin. Perbedaan agama dan etnisitas menjadi benang merah dalam komunikasi pasangan Samin-Nonsamin. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan deskripstif-kualitatif. Tekhnik pengumpula data menggunakan metode participant observer, wawancara, serta telaah dokumen. Dengan data utama berupa perilaku komunikasi sehari-hari pasangan Samin-Nonsamin yang mengandung pesan akomodatif didalammnya, terutama yang bersinggungan langsung dengan perbedaan agama dan etnisitas. Setelah melakukan penelitian dan analisis, diperoleh hasil penelitian berupa perilaku komunikasi antara Samin dengan Non Samin yang memiliki hubungan diadik menunjukkan upaya akomodasi. Meskipun upaya akomodasi yang dilakukan pihak Samin ataupun Non Samin, kedua pihak tetap menjaga identitas masing-masing sebagai Samin dan Non Samin. Oleh sebab itu, tujuan utama komunikasi antarbudaya dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. M. Kholili, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Akomodasi, Samin
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:59
Last Modified: 20 Dec 2016 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum