PERAN YAYASAN SRI RAHAYU DALAM PEMBENTUKAN DIMENSI RELIGIUSITASANAK JALANAN (STUDIKASUS DI YAYASAN SRI RAHAYU, KAMPUNG DAYAK, PURWOKERTO, JAWA TENGAH) OLEH:

ISMATURROHMANIAH, SPDI, NIM. 1420411032 (2016) PERAN YAYASAN SRI RAHAYU DALAM PEMBENTUKAN DIMENSI RELIGIUSITASANAK JALANAN (STUDIKASUS DI YAYASAN SRI RAHAYU, KAMPUNG DAYAK, PURWOKERTO, JAWA TENGAH) OLEH:. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN YAYASAN SRI RAHAYU DALAM PEMBENTUKAN DIMENSI RELIGIUSITASANAK JALANAN (STUDIKASUS DI YAYASAN SRI RAHAYU, KAMPUNG DAYAK, PURWOKERTO, JAWA TENGAH) OLEH:)
1420411032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN YAYASAN SRI RAHAYU DALAM PEMBENTUKAN DIMENSI RELIGIUSITASANAK JALANAN (STUDIKASUS DI YAYASAN SRI RAHAYU, KAMPUNG DAYAK, PURWOKERTO, JAWA TENGAH) OLEH:)
1420411032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh sebagaian besar anak jalanan, yaitu minimnya pendidikan, terutama pendidikan agama (religius) dalam kehidupan mereka. Apalagi mereka hidup di jalanan yang keras dan rentan terhadap bahaya, serta pergaulan yang salah, maka perlu memiliki bekal religiusitas dalam menjalani kehidupannya dan diharapkan dapat menjadi bekal untuk masa depan mereka agar kehidupan mereka kedepannya menjadi lebih baik. Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti berupaya melakukan eksplorasi terhadap permasalahan mengenai peran Yayasan Sri Rahayu dalam pembentukan dimensi religiusitas anak jalanan, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya apa saja yang dilakukan untuk membentuk dimensi religiusitas anak jalanan yang dilakukan oleh Yayasan Sri Rahayu, Purwokerto, Jawa Tengah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Yaitu mengamati aspek fenomenologis yang dikaitkan dengan konsepsi teoritis tentang religiusitas anak jalanan. Subjek penelitian adalah Pimpinan Yayasan Sri Rahayu, para pengajar, siswa binaan, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa metode diantaranya metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Yayasan Sri Rahayu telah memberi pengaruh yang besar di Kampung Dayak (Kampung Sri Rahayu) terutama bagi anak jalanan di kampung tersebut. Hal ini terlihat jelas dengan adanya program-program yang diadakan di Yayasan tersebut telah memberi pegaruh positif bagi kehidupan anak jalanan itu sendiri. Seperti tujuan dari didirikannya Yayasan Sri Rahayu yaitu untuk membentuk kembali sikap dan perilaku anak yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan anak dan menyiapkan masa depannya sehingga menjadi masyarakat yang produktif. Pemberdayaan program-program yang dilaksanakan oleh Yayasan Sri Rahayu secara tidak langsung telah mengubah kehidupan anak jalanan, terlihat dari beberapa aktifitas anak jalanan yang sekarang mereka tidak hanya menghabiskan waktu di jalanan tetapi sebagian waktunya juga dihabiskan di Yayasan untuk mengikuti program-program yang sudah diadakan di Yayasan Sri Rahayu yang bersifat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ro’fah, BSW., Ph.D,
Uncontrolled Keywords: Peran, Yayasan Sri Rahayu, Dimensi Religiusitas.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 09:45
Last Modified: 20 Dec 2016 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum