PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL WARIA DI PESANTREN WARIA AL-FATAH YOGYAKARTA (STUDI KASUS ATAS UPAYA WARIA DALAM MEMBANGUN HARMONISASI DI KELURAHANCALENAN KECAMATAN JAGALANAN KABUPATEN BANTUL)

DIYALA GELARINA, NIM. 09540041 (2016) PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL WARIA DI PESANTREN WARIA AL-FATAH YOGYAKARTA (STUDI KASUS ATAS UPAYA WARIA DALAM MEMBANGUN HARMONISASI DI KELURAHANCALENAN KECAMATAN JAGALANAN KABUPATEN BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL WARIA DI PESANTREN WARIA AL-FATAH YOGYAKARTA (STUDI KASUS ATAS UPAYA WARIA DALAM MEMBANGUN HARMONISASI DI KELURAHANCALENAN KECAMATAN JAGALANAN KABUPATEN BANTUL))
1420510048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL WARIA DI PESANTREN WARIA AL-FATAH YOGYAKARTA (STUDI KASUS ATAS UPAYA WARIA DALAM MEMBANGUN HARMONISASI DI KELURAHANCALENAN KECAMATAN JAGALANAN KABUPATEN BANTUL))
1420510048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas proses pembentukan identitas sosial waria di pesantren waria al-Fatah Yogyakarta, serta membahas motif dan bias dalam kelompok dari proses pembentukan identitas sosial waria di pesantren waria al- Fatah Yogyakarta. Penulis tertarik mengkaji waria di pesantren waria karena pesantren waria merupakan satu-satunya pesantren waria di Indonesia. Kemunculanya menuai pro dan kontra ditengah-tengah masyarakat. Pada 24 Febuari 2016 pesantren waria dinon-aktifkan untuk sementara waktu, dengan alasan keberadaannya meresahkan warga. Oleh sebab itu penulis tertarik meneliti tentang proses pembentukan identitas sosial serta motif dan bias dalam kelompok dari proses pembentukan identitas sosial pesantren waria al-Fatah Yogyakarta. Tesis ini menggunakan penelitian kualitatif untuk menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data-data lapangan untuk menjelaskan permasalahan yang diteliti dengan teknik pengumpulan data, observasi, interview dan dokumentasi. Sementara itu teknik analisa datanya menggunakan teknik: deskriptif-kualitatif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan proses pembentukan identitas sosial waria di pesantren waria al-Fatah Yogyakarta. Identitas sosial yang diteliti oleh penulis terdiri dari, dimensi, proses, motif, dan bias dalam dari proses pembentukan identitas sosial. Penulis menemukan dimensi pembentukan identitas sosial yang ada pesantren waria al-Fatah Yogyakarta, yakni terdapat konteks antar kelompok, daya tarik in group (kelompok dalam), dan penyamaan keyakinan dengan mayoritas. Proses pembentukan waria terdiri dari: kategorisasi, identifikasi, dan pembanding. Sedangkan motif yang ditemukan yaitu motif self-enhancement (peningkatan diri) atau motif individu dalam membangun citra positif dengan bergabung dalam dalam kelompok dan uncertainly reduction (pengurangan ketidaktentuan) atau motif kelompok dalam mengubah citra negatif suatu kelompok. Penulis menemukan dua bias yang ada di pesantren waria al-Fatah Yogyakarta, pertama bias dalam kelompok memicu konsep diri yang positif dan bias yang memicu favoritisme yakni rasa suka yang berlebihan pada kelompok sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ahmad Muttaqin, PhD
Uncontrolled Keywords: identitas sosial waria, pesantren waria al-Fatah Yogyakarta
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Dec 2016 09:52
Last Modified: 20 Dec 2016 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum