KETERKAITAN MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1

NURUL FAUZIAH, SPDI, NIM. 1420420005 (2016) KETERKAITAN MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERKAITAN MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1)
1420420005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42MB) | Preview
[img] Text (KETERKAITAN MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1)
1420420005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara yang diharapkan dapat membentuk manusia yang cerdas guna meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu nya dengan adanya keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA, karena dengan keterampilan proses tersebut siswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi siswa dituntut untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Kecerdasan manusia tidak selayaknya hanya dilihat pada perolehan angka pada penskoran IQ, tetapi lebih diperhatikan pada 8 kecerdasan yang diungkapkan oleh Howard Gardner. Kedua hal tersebut penting untuk diperhatikan oleh pendidik, karena multiple intelligences merupakan bentuk kecerdasan yang harus dikembangkan oleh siswa dan dalam keterampilan proses dasar sains siswa diberikan kesempatan untuk memeriksa proses pembelajaran secara langsung dan berpikir tentang menerapkannya dalam konteks ilmiah. Agar keduanya dapat berjalan dengan seimbang maka akan dilakukan penelitian tentang keterkaitan multiple intelligences dengan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi multiple intelligences dan keterampilan proses sains siswa serta menganalisis keterkaitan antara multiple intelligencess dengan keterampilan proses sains siswa di MI Ma’arif Giriloyo 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yang mana dari jumlah populasi 49 siswa, pengambilan sampel dengan taraf kesalahan 5% maka jumlah sampel yang digunakan adalah 44 siswa. berdasarkan hasil angket dan tes siswa, maka terlihat bahwa multiple intelligences siswa di MI tersebut sangat tinggi, yang mana setengah dari jumlah siswa (52,3%) termasuk ke dalam multiple intelligences dengan kategori sangat tinggi dan 47,7% siswa termasuk ke dalam multiple intelligences dengan kategori tinggi, dan keterampilan proses sains siswa di MI tersebut sangat tinggi, yang mana berdasarkan hasil tes disimpulkan bahwa setengah dari jumlah siswa (54,5%) termasuk ke dalam keterampilan proses dasar sains dengan kategori sangat tinggi dan 45,5% siswa termasuk ke dalam keterampilan proses dasar sains dengan kategori tinggi. Selain itu berdasarkan hasil uji regresi antara variabel multiple intelligences dengan keterampilan proses dasar sains dapat dinyatakan bahwa pada kedua variabel tersebut terdapat korelasi sebesar 0,884, sedangkan besarnya prosentase pengaruh variabel multiple intelligences terhadap keterampilan proses dasar sains sebesar 78,1%. Kontribusi terhadap keterampilan mengamati dapat ditunjang oleh dua indikator multiple intelligences yaitu kontribusi efektif kecerdasan linguistik sebesar 9,4% dan kecerdasan naturalistik sebesar 6,8%, keterampilan mengukur dapat ditunjang oleh dua indikator multiple intelligences yaitu kontribusi efektif dari kecerdasan kinesetetik sebesar 14,4% dan kecerdasan interpersonal sebesar 6,3%, keterampilan mengklasifikasi dapat ditunjang oleh kecerdasan naturalistik sebesar 8,9%, keterampilan mengkomunikasi dapat ditunjang oleh satu ix indikator multiple intelligences yaitu kecerdasan naturalistik,yang mana kontribusi efektifnya sebesar 11,8%, keterampilan memprediksi dapat ditunjang oleh satu indikator multiple intelligences yaitu kecerdasan interpersonal dengan kontribusi efektif sebesar 7,5%, inferensi dapat ditunjang oleh satu indikator multiple

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Multiple Intelligences, Keterampilan Proses Dasar Sains
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Keterampilan Proses Dasar Sains
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:34
Last Modified: 20 Dec 2016 04:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23029

Actions (login required)

View Item View Item