KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DI MIN YOGYAKARTA II DAN MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

SRI ENGGAR KENCANA DEWI, NIM. 1420420018 (2016) KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DI MIN YOGYAKARTA II DAN MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DI MIN YOGYAKARTA II DAN MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
1420420018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DI MIN YOGYAKARTA II DAN MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
1420420018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya guru yang kurang mengetahui penyusunan dan pengembangan rancangan kegiatan pembelajaran, adapun sebagian guru menganggap rancangan kegiatan pembelajaran hanya sebagai bagian administrasi, lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran, serta proses penilaian pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep. Hal itu termasuk dalam manajemen pembelajaran, yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. MIN YK II dan MIN Tempel dua merupakan madrasah yang terkenal dengan keunggulannya dengan berbagai prestasi yang diraih serta sistem manajemen madrasah yang diterapkan. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengatahui, 1) Manajemen pembelajaran IPA di MIN YK II. 2) Manajemen pembelajaran IPA di MIN Tempel. 3) Persamaan manajemen pembelajaran IPA di MIN YK II dan MIN Tempel. 4) Perbedaan manajemen pembelajaran IPA di MIN YK II dan MIN Tempel. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Maka untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis model siklus interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, manajemen pembelajaran IPA di MIN YK II yakni meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran IPA dengan baik. Kedua, manajemen pembelajaran IPA di MIN Tempel meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran juga telah diterapkan pembelajaran IPA dengan baik. Ketiga, persamaan manajemen pembelajaran pada kedua madrasah tersebut yakni sama-sama melakukan perencanaan pembelajaran dengan adanya perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran juga sama diawali dengan apersepsi, menyampaikan materi, penggunaan alat pembelajaran,, metode pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran, kemudian penilaiannya sama yakni dengan PR/Tugas, ulangan harian, UTS dan UAS. Keempat, perbedaan manajemem pembelajaran IPA di kedua madrasah tersebut terdapat pada perencanaan pembelajaran di MIN YK II membuat perangkat pembelajaran sejalan aktifnya pembelajaran di madrasah, tetapi di MIN Tempel pembuatannya sebelum aktif pembelajaran (masih liburan) di madrasah. Selain itu, di MIN YK II penggunaan alat pembelajaran yang kurang maksimal, sedangkan di MIN Tempel penggunaan alat pembelajaran digunakan dengan maksimal untuk membantu penyampaian pembelajaran, kemudian perbedaan terakhir yaitu pada pengelolaan kelas di MIN YK II penempelan karya-karya siswa di tembok, sedangkan di MIN Tempel penempelan karya-karya siswa disedia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, IPA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 12:11
Last Modified: 20 Dec 2016 12:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum