KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MI NEGERI JEJERAN BANTUL

AIN KURNIATI, NIM. 1420420026 (2016) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MI NEGERI JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MI NEGERI JEJERAN BANTUL)
1420420026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MI NEGERI JEJERAN BANTUL)
1420420026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MI Negeri Jejeran Bantul, kedua, untuk mengetahui dampak kepemimpinan transformasional dalam pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah di MI Negeri Jejeran Bantul. Teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan transformasional Bernard Bass. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam tesis ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, karyawan, komite madrasah, serta wali siswa. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (reduction data), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, kepala madrasah telah melaksanakan kepemimpinan transformatif tetapi belum secara menyeluruh, seperti pada aspek memberikan pengaruh dan motivasi kepada bawahan dinilai masih kurang. Akan tetapi pada aspek memberikan inovasi-inovasi baru dan dorongan serta arahan kepada bawahan, kepala madrasah dapat melaksanakannya secara baik dan maksimal. Ini terlihat dari program-program unggulan yang ada di madrasah. Kedua, dampak kepemimpinan transformasional dalam pelaksanaan MPMBM dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu bagi kelembagaan dengan semakin tingginya kepercayaan wali siswa kepada madrasah. Bagi kurikulum yaitu dengan metode pembelajaran yang digunakan semakin menarik. Bagi sumberdaya manusia dengan semakin meningkatnya keprofesionalan dan kesejahteraan guru dan karyawan. Bagi budaya dan masyarakat, terjalinnya hubungan yang baik dan harmonis antara pihak madrasah dan komite madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Iskandar Zulkarnain
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Manejemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2016 00:59
Last Modified: 21 Dec 2016 00:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23037

Actions (login required)

View Item View Item