PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA PADA SYARIAH COMPLIANCE, HARGA JUAL DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT BINAMAS CABANG KUTOARJO

WIDODO DWI ATMOKO, NIM. 10390099 (2016) PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA PADA SYARIAH COMPLIANCE, HARGA JUAL DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT BINAMAS CABANG KUTOARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA PADA SYARIAH COMPLIANCE, HARGA JUAL DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT BINAMAS CABANG KUTOARJO)
10390099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA PADA SYARIAH COMPLIANCE, HARGA JUAL DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT BINAMAS CABANG KUTOARJO)
10390099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Preferensi pembiayaan adalah salah satu bentuk dari keputusan nasabah untuk menentukan pilihan pembiayaan yang akan digunakannya. Pembiayaan yang ditawarkan pada perbankan syariah saat ini sangatlah beragam dengan tujuan dan kegunaannya masing-masing. Dengan beragamnya pembiayaan yang ditawarkan inilah yang mendorong terjadinya preferensi pembiayaan, nasabah akan memilih pembiayaan sesuai dengan keperluannya, sehingga menciptakan preferensi pembiayaan tersebut. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi pembiayaan. Namun, dalam penelitian ini mengambil tiga faktor, yaitu faktor persepsi anggota pada syariah compliance, harga jual dan tingkat margin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelasakan pengaruh dari persepsi anggota pada syariah compliance, harga jual dan tingkat margin terhadap preferensi keputusan pengambilan pembiayaan murabahah pada BMT Binamas Cabang Kutoarjo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner. Sampel yang diambil sebanyak delapan puluh lima (85) responden yang sedang mengambil pembiayaan murabahah. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi liner berganda yang terdiri dari uji F, koefisien determinasi (R2) dan uji t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui uji F (simultan) variabel syariah compliance, harga jual dan tingkat margin secara bersama-sama berpengaruh terhadap preferensi pembiayaan murabahah di BMT Binamas Cabang Kutoarjo. Dari hasil uji t (parsial) disimpulkan bahwa variabel harga jual dan tingkat margin berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi pembiayaan murabahah, sedangkan variabel persepsi anggota pada syariah compliance tidak berpengaruh terhadap preferensi pembiayaan pada BMT Binamas Cabang Kutoarjo. Hasil penelitian ini menghasilkan koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,784 (78,4%). Hal ini berarti bahwa preferensi pembiayaan dipengaruhi oleh ketiga variabel, yaitu persepsi anggota pada syariah compliance, harga jual dan tingkat margin sebesar 78,4%. Sedangkan sisanya 21,6% (100% - 78,4%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO., SE,. M.Sc 2. MUHAMMAD YAZID AFANDI., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Preferensi Pembiayaan Murabahah, Persepsi Anggota pada Syariah Compliance, Harga Jual dan Tingkat Margin.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Dec 2016 02:36
Last Modified: 21 Dec 2016 02:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23045

Actions (login required)

View Item View Item