PENGARUH PENGETAHUAN PETANI TEMBAKAU TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA PETANI TEMBAKAU DESA KEROKAN, KEC. TLOGOMULYO, KAB. TEMANGGUNG, JAWA TENGAH)

MUKHAMAD YUSUF, NIM. 10390198 (2016) PENGARUH PENGETAHUAN PETANI TEMBAKAU TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA PETANI TEMBAKAU DESA KEROKAN, KEC. TLOGOMULYO, KAB. TEMANGGUNG, JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGETAHUAN PETANI TEMBAKAU TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA PETANI TEMBAKAU DESA KEROKAN, KEC. TLOGOMULYO, KAB. TEMANGGUNG, JAWA TENGAH))
10390198_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGETAHUAN PETANI TEMBAKAU TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA PETANI TEMBAKAU DESA KEROKAN, KEC. TLOGOMULYO, KAB. TEMANGGUNG, JAWA TENGAH))
10390198_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (600kB)

Abstract

Bank islam, Bank tanpa bunga, begitulah Karnaen Perwataatmadja dan M. Syafe’i Antonio mendefinisikan perbankkan syariah. Rasanya sebutan itu tidaklah berlebihan, lantaran sistem, prinsip, serta produk yang dikembangkan dalam perbankkan syariah berlandaskan pada Quran dan Hadist. Bunga yang selama identik dengan dunia perbankan konvensional, dalam perbankan syariah tidak ada. Dengan melihat perbankan syariah yang sudah mempromosikan di lingkungan masyarakat, apakah perbankan syariah sudah mensosialisakan tentang perbankan syariah di lingkungan petani (tembakau) yang notabene mereka adalah pemeluk agama islam yang sangat potensial menjadi nasabah mereka. Ironisnya, banyak perani yang belum mengetahui secara menyeluruh mengenai perbankan syariah. Oleh sebab itu, pengetahuanpetani terhadap perbankkan syariah sangat berpengaruh terhadap minat petani menggunakan jasa perbankkan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan petani tembakau tentang perbankan syariah terhadap minat menggunakan jasa perbankkan syariah dan mengukur seberapa besar pengaruh pengetahuan petani tembakau tentang perbankkan syariah terhadap minat menggunakan jasa perbankkan syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaiut data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angka-angka. Sempel dalam penelitian ini adalah petani tembakau di desa Kerokan, Kec. Tlogomulyo, Kab. Temanggung yang berjumlah 100 responden dengan menggunakan simple random sampling dan data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan tentang pengertian perbankkan syariah, pengetahuan tentang prinsip-prinsip perbankkan syariah, dan pengetahuan tetang produk perbankan syariah. Untuk variable dependen adalah minat petani tembakau terhadap perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner dan dibagikan secara acak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji F menunjukkan model berpengaruh positif signifikan yaitu minat petani terhadap perbankkan syariah dipengarui secara bersama-sama oleh pengetahuan tentang pengertian perbankan syariah, pengetahuan tentang prinsip-prinsip perbankan syariah, dan pengetahuan tentang produk-produk perbankan syariah. Dan untuk hasil uji parsial menunjukkan untuk variable pengetahuan tentang pengertian perbankan syariah dan pengetahuan prinsip-prinsip perbankan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap minat petani menggunakan jasa perbankan syariah dan untuk variabel pengetahuan produk-produk perbankan syariah tidakberpengaruh dan tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN., SE. M. Si
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan tentang perbankan syariah, pengetahuan tentang prinsip-prinsip perbankan syariah, pengetahuan tentang produk-produk perbankan syariah, dan minat
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 09:54
Last Modified: 21 Dec 2016 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23049

Actions (login required)

View Item View Item