MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN LAZISNU DIY)

MUHAMMAD AZHAR ANAS, NIM. 12390011 (2016) MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN LAZISNU DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN LAZISNU DIY))
12390011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) (STUDI KASUS BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN LAZISNU DIY))
12390011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (957kB)

Abstract

Keberadaan lembaga zakat yang semakin maju dan kompleks, sangat penting untuk diperhatikan. Zakat harus dikelola oleh badan atau lembaga (amil) yang profesional. Terkait dengan badan atau lembaga profesional maka manajemen pengelolaan harus diperhatikan, antara lain proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Keempat teori manajemen tersebut diterapkan pada setiap program kerja dalam pengelolaan zakat yang meliputi pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat. Dari hal tersebut peneliti mengangkat rumusan masalah "Bagaimana Manajemen Pengelolaan Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota yogyakarta dan Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (LAZISNU) DIY?". Tujuan penelitian ini untuk memaparkan dan mendeskripsikan terkait tentang pengelolaan zakat berbasis manajemen yang dilaksanakan pada Badan atau Lembaga Amil Zakat (BAZNAS kota Yogyakarta dan LAZISNU DIY). Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan zakat yang meliputi pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat yang dilaksanakan pada BAZNAS kota Yogyakarta dan LAZISNU DIY telah sesuai dengan konsep efisiensi dan efektivitas sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelolaan zakat berjalan baik dan efektif. Dikatakan baik, dalam arti berjalan lancar karena sesuai dengan program atau kegiatan yang direncanakan dalam musyker (musyawarah kerja) dan efektif, dalam arti tepat sasaran dan berdayaguna atau bermanfaat bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. SLAMET KHILMI, M.SI
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat berbasis manajemen di BAZNAS kota Yogyakarta dan LAZISNU DIY.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 10:16
Last Modified: 21 Dec 2016 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23054

Actions (login required)

View Item View Item