PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER SAINS DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS

WIDYA SYAHRA MARTYAWATI, SPDI, NIM. 1420421011 (2016) PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER SAINS DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER SAINS DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS)
1420421011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER SAINS DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS)
1420421011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hasil peningkatan kecerdasan alam pada anak di MI Ma’arif NU 1 Pageraji yang masih kurangnya nilai kepekaan terhadap alam dan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif peningkatan terhadap penelitian pendidikan sekaligus sebagai bahan peningkatan kecerdasan naturalis siswa dalam menanggapi alam yang ada disekitarnya. Berangkat dari masalah tersebut, sebagai langkah antisipasif yang perlu dilakukan agar kondisi ini tidak berlarut semakin parah adalah memperkenalkan kegiatan ekstrakurikuler sains untuk meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kecerdasan naturalis siswa. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Cilongok Banyumas. Sifat penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi mendalam, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan metode angket (kuesioner). Setelah data didapatkan, selanjutnya dianalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, pertama, setelah diadakannya kegiatan ekstrakurikuler sains, siswa lebih bisa mementingkan keadaan alam sekitar, berbeda dengan yang dulu acuh terhadap kondisi lingkungan madrasah dan bisa saling memahami antar makhluk hidup. Kedua, sering diperolehnya kejuaraan disaat olimpiade dan lomba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Susi Yunita Prabawati, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Naturalis, Ekstrakurikuler Sains
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2016 03:43
Last Modified: 21 Dec 2016 03:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23061

Actions (login required)

View Item View Item