MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH ISLAM MULTITALENTA DALAM MEMBINA KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK BERBAKAT SAINS DI SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL

RIZKA ISNANDARI, SPDI, NIM. 1420421028 (2016) MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH ISLAM MULTITALENTA DALAM MEMBINA KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK BERBAKAT SAINS DI SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH ISLAM MULTITALENTA DALAM MEMBINA KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK BERBAKAT SAINS DI SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL)
1420421028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH ISLAM MULTITALENTA DALAM MEMBINA KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK BERBAKAT SAINS DI SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL)
1420421028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul merupakan salah satu sekolah yang mempunyai program unggulan yang memberikan ruang bagi para peserta didik untuk mengembangkan berbagai macam talenta yang dimiliki pesereta didik. Di dalam dunia pendidikan manajemen menempati urutan utama dalam konteks program sekolah. Jika program sudah dicanangkan, maka manajemen akan bertindak sebagai eksekutor yang sangat menentukan berhasil tidaknya program tersebut. Pentingnya kecerdasan intrapersonal bagi anak adalah untuk menggali bakat dan melatih mental anak agar lebih mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Program Sekolah Islam Multitalenta bagi anak berbakat sains, pembinaan kecerdasan intrapersonal anak berbakat sains dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen Program Sekolah Islam Multitalenta dalam membina kecerdasan intrapersonal anak berbakat sains. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentansi. Adapun yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru pembimbing Klub IPA, serta peserta didik klub IPA. Analisa data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Program Sekolah Islam Multitalenta bagi anak berbakat sains yang peneliti teliti meliputi Planning (perencanaan) yang meliputi meliputi tujuan kegiatan, waktu pelaksanaan, dan seleksi peserta didik. Organizing (pengorganisasian), dalam pelaksanannya program klub IPA telah dibuat struktur organisasi agar program tersebut memiliki tujuan yang jelas. Actuating (Pelaksanaan), kegiatan program Klub IPA dilaksanakan pada sore hari setelah jam belajar selesai. Untuk controlling (pengawasan), pelaksanaan dan hasil pembinaan dari guru pembimbing klub IPA dilaporkan guru koordinator klub IPA, setelah itu dilaporkan ke wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kemudian disampaikan kepada Kepala Sekolah. Hasil dari program ini secara keseluruhan sangat berpengaruh dalam pembinaan kecerdasan intrapersonal masing-masing anak. Kecerdasan intrapersonal masing-masing anak semakin terasah dan dengan adanya program pembinaan Kub

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen , Intrapersonal, Sains
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2016 04:36
Last Modified: 21 Dec 2016 04:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23063

Actions (login required)

View Item View Item