IDENTIFIKASI SENYAWA DAN UJI AKTIVITAS ANTIMALARIA SECARA IN VITRO EKSTRAK DAN FRAKSI KULIT KAYU POHON MAHONI (SWIETENIA MACROPHYLLA KING)

BUDI PRASETYANTO, NIM. 10630012 (2016) IDENTIFIKASI SENYAWA DAN UJI AKTIVITAS ANTIMALARIA SECARA IN VITRO EKSTRAK DAN FRAKSI KULIT KAYU POHON MAHONI (SWIETENIA MACROPHYLLA KING). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI SENYAWA DAN UJI AKTIVITAS ANTIMALARIA SECARA IN VITRO EKSTRAK DAN FRAKSI KULIT KAYU POHON MAHONI (SWIETENIA MACROPHYLLA KING))
10630012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI SENYAWA DAN UJI AKTIVITAS ANTIMALARIA SECARA IN VITRO EKSTRAK DAN FRAKSI KULIT KAYU POHON MAHONI (SWIETENIA MACROPHYLLA KING))
10630012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Identifikasi Senyawa dan Uji aktivitas Antimalaria Secara In Vitro Ekstrak dan Fraksi Kulit Kayu Pohon Mahoni (Swietenia macrophylla KING)”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan ekstrak dan fraksi kulitkayu mahoni dalam menghambat pertumbuhan parasit Plasmodium falciparum strain FCR-3 (resisten klorokuin) yang menyebabkan penyakit malaria. Tahap awal adalah ekstraksi dengan variasi tiga pelarut yaitu n-heksana, etil asetat dan etanol. Rendemen yang diperoleh untuk ekstrak n-heksan, etil asetat dan etanol masing-masing 1,75% ; 3,35% ; dan 7,60%. Ekstrak yang diperoleh kemudian diuji aktivitas antimalaria secara in vitro. Ekstrak etanol memiliki IC50 sebesar 62,7 μg/mL paling kecil dibandingkan dengan n-heksan sebesar 72,6 μg/mL dan ekstrak etil asetat sebesar 115,1 μg/mL. Ekstrak etanol yang memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan parasit terbesar selanjutnya difraksinasi dengan Kromatografi Kolom Vakum (KKV). Fraksi hasil pemisahan diuji aktivitas antimalarianya. Diperoleh fraksi 3 yang memiliki kemapuan menghambat pertumbuhan parasit paling baik diantara fraksi lain ditunjukan dari IC50 yang diperoleh sebesar 46,6 μg/mL. Fraksi 3 kemudian diidentifikasi metabolit skunder dengan skrining fitokimia dan hasil menunjukan adanya golongan senyawa flavonoid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Esti Wahyu Widowati, M.Si., M.Biotech
Uncontrolled Keywords: Mahoni (Swietenia macrophylla KING), Kromatografi Kolom Vakum, Antimalaria, SkriningFitokimia, GC-MS.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2016 12:05
Last Modified: 21 Dec 2016 12:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23064

Actions (login required)

View Item View Item