RESPON KELOMPOK-KELOMPOK KEAGAMAAN DALAM ISLAM TERHADAP KENAKALAN REMAJA HAMIL DI LUAR NIKAH DI KELURAHAN PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

MUHAMMAD FARUQ, NIM. 11720024 (2016) RESPON KELOMPOK-KELOMPOK KEAGAMAAN DALAM ISLAM TERHADAP KENAKALAN REMAJA HAMIL DI LUAR NIKAH DI KELURAHAN PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON KELOMPOK-KELOMPOK KEAGAMAAN DALAM ISLAM TERHADAP KENAKALAN REMAJA HAMIL DI LUAR NIKAH DI KELURAHAN PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
11720024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RESPON KELOMPOK-KELOMPOK KEAGAMAAN DALAM ISLAM TERHADAP KENAKALAN REMAJA HAMIL DI LUAR NIKAH DI KELURAHAN PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
11720024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Sex bebas dalam Hukum Islam merupakan perbuatan tercela dan dilaknat oleh Allah, karena perbuatan zina dapat berakibat buruk terhadap pelakunya, dari mulai penyakit yang menular hingga terjadinya hamil di luar nikah. Di sisi lain, pertentangan tentang diterapkannya hukum zina dalam pelaksanaan hukum di negara kita masih diperdebatkan. Penelitian unti bertujuan untuk mentehaui (1) persepsi tokoh masyarakat dan kelompok keagamaan terhadap kenakalan remaja hamil di luar nikah; (2)solusi mengatasi kenakalan remaja hamil di luar nikah di Kelurahan Purwomartani Kalasan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara ke berbagai informan yang mengetahui tentang masalah penelitian. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teori kontrol sosial dari Travis Hirschi. Ide utama dari teori ini adalah bahwa penyimpangan merupakan hasil dari kekosongan kontrol atau pengendalian sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi tokoh masyarakat dan kelompok keagamaan sepakat menolak terhadap hamil di luar nikah. Akan tetapi dari sekian pendapat tokoh masyarakat dan kelompok agama pada akhirnya lebih memilih menyegerakan pernikahan untuk mempertimbangkan dampak-dampak yang akan terjadi selanjutnya. (2) Solusi mengatasi kenakalan remaja hamil di luar nikah di Kelurahan Purwomartani Kalasan, dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya (1) Pembinaan dan penyuluhan menganai aspek pendidikan dan keagamaan, (2) Penerapan pola asuh dalam keluarga sebagai bentuk pendidikan terhadap anak, (3) pendekatan kekeluargaan sebagai strategi penanganan kenakalan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja, Kelompok Keagamaan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Dec 2016 04:59
Last Modified: 21 Dec 2016 04:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23067

Actions (login required)

View Item View Item