PERAN FORANZA SEBAGAI AGEN SOSIALISASI PENCEGAHAN NARKOBA (STUDI TERHADAP PRAKTEK KERJA FORANZA DALAM PENCEGAHAN NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR SMA N 4 KOTA YOGYAKARTA)

FITRIA RATNASARI, NIM. 12720001 (2016) PERAN FORANZA SEBAGAI AGEN SOSIALISASI PENCEGAHAN NARKOBA (STUDI TERHADAP PRAKTEK KERJA FORANZA DALAM PENCEGAHAN NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR SMA N 4 KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN FORANZA SEBAGAI AGEN SOSIALISASI PENCEGAHAN NARKOBA (STUDI TERHADAP PRAKTEK KERJA FORANZA DALAM PENCEGAHAN NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR SMA N 4 KOTA YOGYAKARTA))
12720001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN FORANZA SEBAGAI AGEN SOSIALISASI PENCEGAHAN NARKOBA (STUDI TERHADAP PRAKTEK KERJA FORANZA DALAM PENCEGAHAN NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR SMA N 4 KOTA YOGYAKARTA))
12720001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)

Abstract

Pencegahan penyalahgunaan Narkoba pada dasarnya dapat dilakukan pada diri sendiri, keluarga, masyarakat dan institusi sekolah. Pihak sekolah pun didorong untuk turut serta dalam pemberantasan narkoba di kalangan pelajar. Oleh karena itu BNN Kota Yogyakarta bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membentuk satgas kader anti Narkoba yang tersebar di beberapa sekolah khususnya di Kota Yogyakarta. Kemunculan kegiatan dan lembaga kader pelajar anti penyalahgunaan narkoba di sekolah bertujuan untuk memotivasi siswa/peserta didik berperan aktif, berkreasi dengan berbagai kegiatan sebagai upaya mencegah dan memerangi penanggulangan penyalahgunaan Napza di lingkungan sekolahnya masing-masing. Salah satu satgas anti Napza di kalangan pelajar yang sudah cukup berpengalaman di Kota Yogyakarta adalah Foranza (Forum Anti Napza) yang merupakan sekelompok siswa-siswi dari SMAN 4 Kota Yogyakarta yang peduli akan bahaya penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dalam praktek kerja Foranza terutama sebagai agen sosialisasi pencegahan Narkoba di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial untuk menganalisis hasil penelitian yang ditemukan di lapangan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa ada tiga peran utama Foranza sebagai agen sosialisasi pencegahan narkoba di kalangan pelajar khususnya, yaitu yang pertama, Foranza sebagai bentuk upaya preventif dalam pencegahan Narkoba di kalangan pelajar, yang kedua Foranza sebagai agen atau duta dalam pelaksanaan sosialisasi pencegahan Narkoba di kalangan pelajar, ketiga Foranza sebagai Peer Counseling atau yang disebut konseling teman sebaya. Dalam melakukan kegiatan sosialisasinya di kalangan pelajar, Foranza menggunakan cara yang menarik, inovatif dan kreatif agar informasi tentang bahaya Napza dapat tersampaikan dengan baik khususnya di kalangan pelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Napsiah,S.Sos., MSi
Uncontrolled Keywords: narkoba, agen sosialisasi, satgas anti napza, pelajar
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 12:05
Last Modified: 21 Dec 2016 12:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23069

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum