PERUBAHAN BUDAYA KONSUMEN (STUDI KASUS PERUBAHAN PERILAKU BELANJA MASYARAKAT ATAS KEBERADAAN TOKO MODERN DI DUSUN SANGGRAHAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN)

ANDHIKA WISNU SUSILA, NIM. 12720012 (2016) PERUBAHAN BUDAYA KONSUMEN (STUDI KASUS PERUBAHAN PERILAKU BELANJA MASYARAKAT ATAS KEBERADAAN TOKO MODERN DI DUSUN SANGGRAHAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN BUDAYA KONSUMEN (STUDI KASUS PERUBAHAN PERILAKU BELANJA MASYARAKAT ATAS KEBERADAAN TOKO MODERN DI DUSUN SANGGRAHAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN))
12720012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN BUDAYA KONSUMEN (STUDI KASUS PERUBAHAN PERILAKU BELANJA MASYARAKAT ATAS KEBERADAAN TOKO MODERN DI DUSUN SANGGRAHAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN))
12720012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan toko modern sebagai fasilitas perbelanjaan di Dusun Sanggrahan Condongcatur Depok Sleman memberikan berbagai kemudahan dalam berbelanja. Hadirnya toko modern bagaikan dua sisi mata pisau, dimana satu sisi dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja, disisi lain juga dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja. Beroperasinya toko modern di Dusun Sanggrahan khususnya minimarket memberikan perubahan terhadap perilaku konsumen pada beberapa kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan perilaku konsumen setelah adanya toko modern serta faktor – faktor penyebab terjadinya perubahan perilaku konsumen di Dusun Sanggrahan Condongcatur Depok Sleman. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Budaya Konsumen dari Mike Featherstone, serta penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan di Dusun Sanggrahan menunjukkan terdapat perubahan perilaku konsumen. Timbul adanya budaya konsumen yang selektif serta perubahan yang terjadi seperti pada beberapa anggota keluarga, meliputi peningkatan anggaran belanja, belanja yang tidak terkontrol karena berbagai promo dan berbagai kemudahan dalam berbelanja yang ditawarkan oleh toko modern yang dapat menjadikan untuk berperilaku konsumtif. Seiring beroperasinya toko modern di Dusun Sanggrahan sudah mempengaruhi kalangan anak-anak, remaja dan anak muda untuk berperilaku konsumtif. Dengan melihat dari pola konsumsi masyarakat sebelum dan sesudah adanya toko modern di Dusun Sanggrahan, perilaku belanja masyarakat dan intensitas belanja masyarakat. Perubahan yang terjadi hanya pada beberapa kalangan saja, karena mayoritas masyarakatnya berbelanja hanya sesuai dengan kebutuhan saja. Adapun dampak positifnya adalah Dusun Sanggrahan Condongcatur Depok Sleman memiliki fasilitas belanja yang memadai sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mencukupi kebutuhan dalam berbelanja. Dampak negatifnya ialah warung - warung kecil atau kelontong tradisional yang berada di Dusun Sanggrahan mempunyai banyak kompetitor seperti toko modern berjenis minimarket, yang menjadikannya sulit bersaing. Berbagai kemudahan dalam belanja dengan adanya toko modern khususnya minimarket dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat selaku konsumen untuk berperilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Musa, M.Si
Uncontrolled Keywords: toko modern, perilaku konsumen, perubahan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Dec 2016 05:16
Last Modified: 21 Dec 2016 05:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23073

Actions (login required)

View Item View Item