PERAN JARINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN USAHA KERAJINAN BAMBU DI DUSUN SENDARI, DESA TIRTOADI, KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN

ADNAN ROMADHON, NIM. 12720014 (2016) PERAN JARINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN USAHA KERAJINAN BAMBU DI DUSUN SENDARI, DESA TIRTOADI, KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN JARINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN USAHA KERAJINAN BAMBU DI DUSUN SENDARI, DESA TIRTOADI, KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN)
12720014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN JARINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN USAHA KERAJINAN BAMBU DI DUSUN SENDARI, DESA TIRTOADI, KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN)
12720014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (774kB)

Abstract

Sektor industri yang berkembang dengan relatife cepat akan mampu menghadapi persoalan pembangunan ekonomi, khususnya persoalan kesempatan kerja. Karena itu UMKM dijadikan salah satu wadah untuk pembangunan ekonomi. Salah satu UMKM yang ada di Yogyakarta adalah kerajinan bambu, dalam kerajinan bambu diperlukannya suatu jaringan sosial. Adanya Jaringan sosial digunakan untuk mengembangkan usaha, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran jaringan sosial dan mengetahui keberlangsungan usaha pada pengrajin bambu. Penelitian ini membahas tentang "Peran Jaringan Sosial dalam Meningkatkan Usaha Kerajinan Bambu di Dusun Sendari, Desa tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman". Penelitian ini berpijak pada teori jaringan sosial, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperoleh gambaran deskriptif tentang permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melali :observasi, wawancara, penelusuran dokumen dan dokumentasi lapangan berupa foto, gambar dan kegiatan saat penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa modal sosial merupakan pondasi yang penting dalam menjalankan usaha. Tanpa adanya modal sosial, usaha tidak bisa berkembang. Jaringan sosial sangat berpengaruh dalam usaha kerajinan bambu, jaringan sosial yang baik harus dilandasi dengan kepercayaan. Jaringan sosial digunakan sebagai strategi dalam pengembangan usaha. Tanpa adanya jaringan sosial, usaha kerajinan bambu tidak dapat bertahan dan berkembang. Adanya Jaringa sosial harus dilandasi dengan kepercayaan sehingga relasi-relasi yang ada bisa saling mengntungkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr.Sulistyaningsih, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: kerajinan bambu, jaringan sosial, dan Usaha Kecil Menengah
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Dec 2016 05:18
Last Modified: 21 Dec 2016 05:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item View Item