STUDI DAMPAK SOSIAL REVITALISASI PASAR TELO TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR DI PASAR TELO KARANGKAJEN YOGYAKARTA

SANI PUSPITASARI, NIM. 12720034 (2016) STUDI DAMPAK SOSIAL REVITALISASI PASAR TELO TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR DI PASAR TELO KARANGKAJEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (STUDI DAMPAK SOSIAL REVITALISASI PASAR TELO TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR DI PASAR TELO KARANGKAJEN YOGYAKARTA)
12720034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (STUDI DAMPAK SOSIAL REVITALISASI PASAR TELO TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR DI PASAR TELO KARANGKAJEN YOGYAKARTA)
12720034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKAa.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembangunan nasional bertujuan mewujudkan suatu masyarakat adil makmur yang merata material dan spiritual. Untuk mencapai tujuan pembangunan nasional maka pemerintah membangun berbagai sarana dan prasarana. Salah satunya adalah pelaksanaan revitalisasi Pasar Telo Karangkajen Yogyakarta yang membawa dampak sosial bagi para pedagang dan lingkungan sekitar di Pasar Telo Karangkajen. Pelaksanaan revitalisasi pasar tradisional merupakan usaha pemerintah agar pasar tradisional mampu bersaing dengan pasar modern. Pembangunan suatu pasar perlu memperhatikan kesejahteraan pedagang maupun pembeli di pasar tersebut. Lewat penataan kembali pasar tradisional yang memperhatikan aspek kenyamanan, pelayanan dan keamanan, maka potensi yang dimiliki pasar tradisional akan dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sosial dalam Pasar Telo Karangkajen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah menerapkan 3 konsep modal sosial yang dipelopori oleh Putnam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pengurus Pasar Telo Karangkajen, pengurus paguyuban, pedagang, dan pembeli. Sumber data sekunder diperoleh dokumentasi, internet, dan laporan hasil penelitian yang terkait. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan terlibat, wawancara langsung dan penelusuran beberapa dokumen. Hasil pengamatan, wawancara dan penelusuran dokumen yang telah terkumpul kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dampak sosial revitalisasi Pasar Telo terhadap lingkungan sekitar adalah mengenai dampak perubahan aktifitas ataupun perubahan sosial dengan masyrakatnya yang terjadi pasar telo mengalami peningkatan. Pelaksanaan revitalisasi Pasar Telo Karangkajen memberikan dampak yang bersifat positif dan negatif. Hal ini dipengaruhi oleh 3 unsur modal sosial yakni kepercayaan, jariangan, dan norma. Adanya ketiga unsur dalam Pasar Telo Karangkajen ini membentuk kerjasama antar pedagang dengan masyrakat maupun pedagang dengan kelompok pedagang lainnya dan mempertankan Pasar Telo Karangkajen hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Musa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi,dampak sosial,modal sosial
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 12:29
Last Modified: 29 Sep 2023 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum