PENGARUH PERATURAN PEMBATASAN PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PERILAKU INDIVIDUAL SANTRI PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

SITI MUNAWAROH, NIM. 12720041 (2016) PENGARUH PERATURAN PEMBATASAN PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PERILAKU INDIVIDUAL SANTRI PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERATURAN PEMBATASAN PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PERILAKU INDIVIDUAL SANTRI PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12720041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERATURAN PEMBATASAN PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PERILAKU INDIVIDUAL SANTRI PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12720041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (878kB)

Abstract

Perkembangan yang semakin canggih pada zaman sekarang seperti teknologi komunikasi dalam wujud handphone menjadi fenomena di pesantren. Handphone selain sebagai alat komunikasi juga bisa buat hiburan karena handphone sekarang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih. Proses komunikasi menggunakan handphone dinamis dan timbal balik. Kelebihan handphone juga memberikan dampak negatif terhadap santri yang menggunakannya. Dampak negatif tersebut membuat santri menjadi cenderung individual karena sering keasikan dalam menggunakan handphone. Perilaku cenderung individual santri membuat munculnya peraturan pembatasan penggunaan handphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara peraturan pembatasan penggunaan handphoneterhadappenanggulangan perilaku individual santri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Teori dalam penelitian ini adalah teori kontrol sosial dari Travis Hirsch. Pengumpulan data dengan menggunakan pengisian kuesioner variabel peraturan pembatasan penggunaan handphone dan variabel perilakuindividual santri. Analisis data menggunakan uji statistikproduct moment pearsodan analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikan 1%. Alat yang digunakan untuk menganalisis hasil data yang diperoleh dengan menggunakan bantuan program SPSS version 16 for windows. Hasil analisis dari data yang diperoleh dilapangan menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara peraturan pembatasan penggunaan handphone dengan penanggulangan perilaku cenderung individual santri. Kesimpulan tersebut diperoleh dari hasil perhitungan regresi linier sederhana Y = 43.101 + 0,073X yang artinya apabila X(peraturan pembatasan penggunaan handphone) mengalami penurunan maka Y (perilaku individual santri) juga akan mengalami penurunan. apabila X (peraturan pembatasan penggunaan handphone) mengalami kenaikan maka Y (perilaku individual santri) juga akan mengalami penaikan. Uji regresi juga menunjukkan bahwa nilai sig = 0,537 0,01 (1%) artinya bahwa tidak ada pengaruh antara peraturan pembatasan penggunaan handphone dengan perilaku individual santri. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh antara peraturan pembatasan penggunaan handphone dengan perilaku individual santri .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Zaenal Arifin, Ph. D
Uncontrolled Keywords: peraturan handphone di pesantren, perilaku individual, santri
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Dec 2016 05:30
Last Modified: 21 Dec 2016 05:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item View Item