ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP KEBIJAKAN AMNESTI PAJAK (STUDI KASUS PADA SAHAM-SAHAM SYARIAH YANG MASUK DAFTAR JII PERIODE JUNI-NOVEMBER 2016)

DWI RAHAYU, NIM. 1320310017 (2016) ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP KEBIJAKAN AMNESTI PAJAK (STUDI KASUS PADA SAHAM-SAHAM SYARIAH YANG MASUK DAFTAR JII PERIODE JUNI-NOVEMBER 2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP KEBIJAKAN AMNESTI PAJAK (STUDI KASUS PADA SAHAM-SAHAM SYARIAH YANG MASUK DAFTAR JII PERIODE JUNI-NOVEMBER 2016))
1320310017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP KEBIJAKAN AMNESTI PAJAK (STUDI KASUS PADA SAHAM-SAHAM SYARIAH YANG MASUK DAFTAR JII PERIODE JUNI-NOVEMBER 2016))
1320310017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berbagai kondisi ekonomi dapat mempengaruhi investasi di pasar modal. Investor perlu kepastian informasi saat ingin melakukan transaksi di pasar modal. Kebijakan amnesti pajak diasumsikan memiliki kandungan informasi bagi dunia investasi, sehingga penelitian ini ingin melihat apakah dengan adanya peristiwa amnesti pajak dapat memberikan abnormal return (AR) dan peningkatan trading volume activity (TVA) pada saham-saham syariah yang masuk daftar JII periode Juni-November 2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis event study. Langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan periode penelitian. Periode penelitian yang digunakan adalah 10 hari bursa yaitu t-5 hingga t+5 sejak kebijakan amnesti pajak diberlakukan tanggal 18 Juli 2016. Penelitian ini menggunakan sampel 30 perusahaan yang masuk daftar JII yang terdistribusi normal dengan uji onekolomogorov smirnov. Pengujian tidak dilakukan pada setiap saham namun diuji secara simultan dengan menghitung average abnormal return (AAR), cumulative average abnormal return (CAAR) dan average trading volume activity (ATVA). Hal yang mengejutkan terjadi dalam hasil penelitian, Pengujian statistik menggunakan program SPSS 23 dengan uji one sampel t-test menunjukkan nilai tidak signifikan yang artinya kebijakan amnesti pajak tidak memberikan abnormal return pada saham-saham syariah yang masuk daftar JII.. Uji beda juga dilakukan untuk melihat perbedaan AAR, CAAR dan ATVA pada sebelum dan sesudah amnesti pajak. Hasil uji paired sampel t-test menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan reaksi pasar terhadap amnesti pajak. Beberapa alasan dapat menjelaskan hasil penelitian ini seperti informasi amnesti pajak yang tersedia secara luas sehingga cepat diterima oleh investor, informasi sudah diprediksi oleh pasar, investor mampu menginterpretasikan informasi dengan baik, pemerintah menyiapkan gate way selain pasar modal untuk wadah investasi, dan terakhir berdasarkan hasil wawancara dengan kepala representatif IDX di Yogyakarta bahwa saat ini investor lebih tertarik berinvestasi di saham perbankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, S.E., Akt., M.Si.
Uncontrolled Keywords: amnesti pajak, abnormal return, trading volume activity, reaksi pasar modal
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 13:45
Last Modified: 21 Dec 2016 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum