PENANGANAN PERILAKU JUVENILE DELINQUENCY PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA

SRI HARYANTI, NIM : 1420011025 (2016) PENANGANAN PERILAKU JUVENILE DELINQUENCY PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANGANAN PERILAKU JUVENILE DELINQUENCY PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA)
1420011025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANGANAN PERILAKU JUVENILE DELINQUENCY PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA)
1420011025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penanganan perilaku juvenile delinquency adalah bagian dari keseluruhan proses program penanganan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) di BPRSR Yogyakarta. Tujuan utama penelitian ini adalah mengeksplorasi penanganan perilaku juvenile delinquency ABH di BPRSR Yogyakarta. Mulai dari perencanaan, implementasi, hingga tahapan terakhir penanganan ABH di lembaga. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian sosial dengan mempergunakan pendekatan kualitatif untuk menggali, mendalami, pokok permasalahan secara mendalam dan terstruktur. Dalam hal ini adalah penanganan perilaku juvenile delinquency di BPRSR Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratori (penjajagan). Penelitian yang juga disebut dengan formulatif ini, memiliki tekanan utama untuk menemukan ide dan gagasan. Ide dan gagasan disini terkait dengan penanganan perilaku delinquency ABH. Sedangkan cara yang digunakan adalah survei literatur, survei pengalaman, dan studi tentang kasus tertentu. Sedangkan data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menganalisa pernyataan-pernyataan penting, mengeneralisasi unit-unit makna, dan mendeskripsikan esensi dari fenomena yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga memiliki program rehabilitasi sosial sebagai pokok penanganan ABH. Program pokok penanganan tersebut adalah empat struktur program rehabilitasi. Empat Struktur program itu, mengarahkan ABH pada program; (1) perubahan perilaku, (2) perubahan emotional dan psikologikal, (3) intelektual dan spiritual, (4) life skill (keterampilan). Empat Struktur program ini diterjemahkan menjadi empat program penanganan yakni; pengasramaan dan pengasuhan, resosialisasi, bimbingan lanjut dan terminasi. Program-program penanganan tersebut diwujudkan ke pelbagai bentuk kegiatan yakni bimbingan fisik, bimbingan sosial, bimbingan mental, bimbingan pendidikan dan bimbingan keluarga alternatif. Kata Kunci : penanganan, perilaku juvenile delinquency, ABH, BPRSR Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Muhrisun, M.Ag., MSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: penanganan, perilaku juvenile delinquency, ABH, BPRSR Yogyakarta
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:08
Last Modified: 22 Dec 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum