FUNGSI INKLUSI KEUANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH SATMAKURA HALAL CABANG CURUP, REJANG LEBONG, PROVINSI BENGKULU)

HARIANTO WIJAYA M, NIM. 1420310101 (2016) FUNGSI INKLUSI KEUANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH SATMAKURA HALAL CABANG CURUP, REJANG LEBONG, PROVINSI BENGKULU). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI INKLUSI KEUANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH SATMAKURA HALAL CABANG CURUP, REJANG LEBONG, PROVINSI BENGKULU))
1420310101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI INKLUSI KEUANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH SATMAKURA HALAL CABANG CURUP, REJANG LEBONG, PROVINSI BENGKULU))
1420310101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan penulis tentang aktivitas lembaga keuangan mikro syariah yang beroperasi di curup kabupaten Rejang Lebong. Fokus penelitian ini adalah pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Satmakura halal cabang Curup dalam menjalankan bisnisnya sebagai lembaga keuangan mikro yang menghimpun dana dari masyarakat dan kembali menyalurkan dana tersebut ke masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana mekanisme KJKS Satmakura Halal cabang Curup dalam mewujudkan Inklusi Keuangan pada masyarakat. 2) Bagaimana fungsi Inklusi Keuangan KJKS Satmakura Halal cabang Curup dalam pemberdayaan masyarakat? Serta tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana mekanisme dan fungsi KJKS Satmakura Halal cabang Curup ini dalam menjalankan tugasnya memberdayakan masyarakat dengan memberikan kemudahan akses layanan keuangan kepada anggota dan juga calon anggotanya. Penelitian ini menggunakan data primer yang penulis dapatkan dari observasi, wawancara, dokumentasi yang tidak terstruktur yang dan juga ditunjang oleh data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan yang mendukung penelitian ini, kemudian di identifikasi dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa KJKS Satmakura Halal cabang Curup memang benar tidak menjalankan fungsinya sebagai lembaga itermediasi, hal ini berdasarkan temuan bahwa dana yang dihimpun di kantor cabang di setorkan ke kantor pusat kemudian dana tersebut digunakan untuk keperluan kantor pusat dan kantor cabang yang lainnya, sehingga pada saat ada anggota atau calon anggota yang ingin mengajukan pembiayaan dan mengambil dana tabungannya, KJKS Satmakura halal cabang Curup tidak bisa memenuhi permintaan tersebut karena tidak tersedianya kas. Ini artinya bahwa KJKS tersebut belum belum menjalankan fungsinya untuk mewujudkan inklusi keuangan dikarenakan masalah internal dan pihak KJKS juga tidak bisa memberikan perlindungan kepada anggotanya karena kekosongan uang kas yang di akibatkan oleh internal lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Selamat Riauwanto., S.E., M.M
Uncontrolled Keywords: Inklusi Keuangan, Lembaga Keuangan Mikro Syariah dan pemberdayaan masyarakat.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 15:42
Last Modified: 21 Dec 2016 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23124

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum