PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BPRS DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INCOME STATEMENT, VALUE ADDED STATEMENT, DAN SHARI`ATE VALUE ADDED STATEMENT

EGHA EZAR JUNAEKA PUTRA HASSANY, NIM. 1420311013 (2016) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BPRS DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INCOME STATEMENT, VALUE ADDED STATEMENT, DAN SHARI`ATE VALUE ADDED STATEMENT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BPRS DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INCOME STATEMENT, VALUE ADDED STATEMENT, DAN SHARI`ATE VALUE ADDED STATEMENT)
1420311013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BPRS DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INCOME STATEMENT, VALUE ADDED STATEMENT, DAN SHARI`ATE VALUE ADDED STATEMENT)
1420311013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk melihat pengaruh perbedaan pelaporan keuangan dengan pendekatan Income Statement, Value Added Statement, dan Shari`ate Value Added Statement terhadap kinerja keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Yogyakarta. Rasio yang digunakan adalah ROA, ROE, LBAP, NPM, dan BOPO. Objek dalam penelitian ini adalah BPRS di Wilayah Yogyakarta dengan periode laporan keuangan tahun 2011 – 2015 yaitu BPRS Mitra Amal Mulia, BPRS Dana Hidayatullah, BPRS Bangun Drajat Warga, BPRS FORMES, BPRS Danagung Syariah, dan BPRS Barokah Dana Sejahtera menggunakan tiga pendekatan yaitu Pendekatan Income Statement, Pendekatan Value Added Statement, dan Pendekatan Shari`ate Value Added Statement. Alat analisis yang digunakan adalah Uji MANOVA dengan SPSS 18.00 untuk windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pelaporan keuangan dengan pendekatan Income Statement, Value Added Statement, dan Shari`ate Value Added Statement terhadap kinerja keuangan BPRS di Yogyakarta dengan menggunakan rasio ROA, ROE, LBAP, NPM, dan BOPO. Hasil uji lanjutan dengan menggunakan Post Hoc Test memberikan hasil rasio kinerja keuangan dengan pendekatan Income Statement berbeda secara signifikan dengan rasio kinerja keuangan dengan pendekatan Value Added Statement dan Shari`ate Value Added Statement. Rasio kinerja keuangan dengan pendekatan Value Added Statement tidak berbeda signifikan dengan rasio kinerja keuangan dengan pendekatan Shari`ate Value Added Statement. Perbedaan rasio kinerja keuangan yang signifikan antara pendekatan Income Statement dengan pendekatan Value Added Statement dan Shari`ate Value Added Statement dikarenakan pengakuan pendapatan dan beban yang berbeda. Sedangkan Value Added Statement dan Shari`ate Value Added Statement memiliki konsep pengakuan pendapatan dan beban yang hampir sama. Dalam Shariah Enterprise Theory, terdapat tiga stakeholders yaitu Tuhan, manusia, dan alam. Pertanggungjawaban secara vertikal berbentuk zakat, sedangkan pertanggungjawaban secara horizontal berbentuk gaji, dan bagi hasil. Dengan menggunakan konsep Value Added Statement dan Shari`ate Value Added Statement akan memberikan informasi detail terkait zakat, gaji karyawan, dan informasi bagi hasil dengan lebih jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, SE, M.Si., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, BPRS, Shari`ah Enterprise Theory, Income Statement, Value Added Statement, Shari`ate Value Added Statement
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Dec 2016 15:43
Last Modified: 21 Dec 2016 15:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum