EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA

SAIFUL HASAN BASRI, NIM. 11600054 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA)
11600054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA)
11600054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan Model Kooperatif tipe CIRC dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan Model Kooperatif tipe CIRC, sedangkan variabel terikatnya ialah kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs N 1 Galur yang berjumlah 119 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan uji kesamaan ratarata nilai matematika Ujian Akhir Semester Ganjil siswa dan terpilih kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah instrumen soal tes pemecahan masalah yang berbentuk soal cerita. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data skor n-gain kemampuan pemecahan masalah. Analisisnya menggunakan statistik nonparametrik yakni uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan PMRI dengan model kooperatif tipe CIRC lebih efektif dari pada pembelajaran dengan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: PMRI, CIRC, Pemecahan Masalah, Soal Cerita
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:24
Last Modified: 22 Dec 2016 01:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23141

Actions (login required)

View Item View Item