PRAKTIK NGGADOH KAMBING DI DESA SEMAGUNG KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO STUDI PERBANDINGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT SKRIPSI

HENI WAHYUNI, NIM. 12360059 (2016) PRAKTIK NGGADOH KAMBING DI DESA SEMAGUNG KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO STUDI PERBANDINGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK NGGADOH KAMBING DI DESA SEMAGUNG KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO STUDI PERBANDINGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT SKRIPSI)
12360059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK NGGADOH KAMBING DI DESA SEMAGUNG KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO STUDI PERBANDINGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT SKRIPSI)
12360059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Desa Semagung mayoritas bermata pencaharian utama sebagai petani dan buruh tani, sedangkan praktik nggadoh kambing hanya sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan (tabungan) apabila di kemudian hari memerlukan dana yang cukup besar maka kambing yang dinggadoh bisa dijual dan diperoleh hasilnya. Perjanjian ini dilakukan dengan cara yang sederhana, hanya dengan kesepakatan secara lisan yang disepakati antara lain; jumlah pembagian keuntungan akad nggadoh kambing sudah ditentukan pada awal kesepakatan dengan menggunakan sistem maro apabila pembagian keuntungan dengan cara dihargai namun apabila dengan cara milih menggunakan sistem maro bati, semua biaya pemeliharaan termasuk penyedian kandang, mencari rumput untuk makan kambing, dan biaya pengobatan ditanggung sepenuhnya oleh pihak pemelihara. Selain itu dalam perjanjian tidak disepakati kapan perjanjian nggadoh berakhir. Berangkat dari masalah di atas, maka menarik untuk diteliti dan dijadikan sebagai tugas akhir dengan judul: “PRAKTIK NGGADOH KAMBING DI DESA SEMAGUNG KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO STUDI PERBANDINGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan (field research) yaitu penyusun melakukan penelitian di Desa Semagung Kecamatan Bagelen kabupaten Purworejo. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif sosiologis dengan menganalisa permasalahan ini dengan metode deskriptif analitik komperatif dengan cara berpikir deduktif-induktif, serta menggunakan metode qiyas dan teori muḍᾱrabah sebagai alat analisis. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis permasalahan berdasarkan data yang ada dan diperoleh di lapangan, disimpulkan bahwa praktik nggadoh kambing di Desa Semagung sesuai dengan praktik akad muḍᾱrabah tidak bertentangan dengan hukum Islam. Tetapi ada beberapa ketentuan dalam akad ini yang tidak sesuai dengan konsep hukum Islam, yaitu dari segi modal awal, hak dan kewajiban para pihak dan pembagian hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Abd. Halim, M. Hum,.
Uncontrolled Keywords: Drs. Abd. Halim, M. Hum,.
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:00
Last Modified: 22 Dec 2016 03:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item View Item