EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SETTING MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP/MTS

FARIZAL TANJUNG EFFENDI, NIM. 12600022 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SETTING MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SETTING MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP/MTS)
12600022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12600022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI) terhadap disposisi matematis dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI). Variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 2 Banguntapan Bantul tahun Pelajaran 2015/2016, dengan sampel siswa kelas VIII E dan siswa kelas VIII C. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis dan lembar skala disposisi matematis. Teknik analisis data menggunakan statistic parametrik inferensial, yaitu uji t-test (independent sample t-test) dan uji Mann Whitney untuk data yang tidak memenuhi prasyarat; normalitas dan homogenitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dari pada pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekattan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI) tidak lebih efektif terhadap disposisi matematis siswa dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting Model Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Kritis, Disposisi Matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:06
Last Modified: 22 Dec 2016 03:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23176

Actions (login required)

View Item View Item