PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DIAN RIZKY ASTUTI, NIM. 11470007 (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11470007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11470007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Dian Rizky Astuti. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Skripsi, Program Studi Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kualitas pelayanan perpustakaan dan kepuasan mahasiswa di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan (2) seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2015. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang aktif menggunakan perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 859 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling yaitu mahasiswa pengunjung perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 100 orang sebagai responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas menggunakan matrik korelasi dan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan frekuensi dan persentase, tabulasi silang, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan perpustakaan dan kepuasan mahasiswa di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi sebesar 0.638 yang bernilai positif dan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari α 0.05 (pα0.05); dan (2) besarnya pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebesar 61.4% yang didasarkan pada persamaan regresi dimana Y = 0.359 + 0.614X. Pada penelitian ini mahasiswa menyatakan kepuasan pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 2.201, kategori sedang dengan nilai sebesar 1.587, dan kategori rendah dengan nilai sebesar 0.973. Hal ini dapat diartikan ketika petugas perpustakaan memberikan kualitas pelayanan yang tinggi maka mampu meningkatkan kepuasan mahasiswa sebesar 61.4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Kualitas Pelayanan, Perpustakaan, dan Kepuasan Mahasiswa
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Perpustakaan, dan Kepuasan Mahasiswa
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:08
Last Modified: 22 Dec 2016 03:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23179

Actions (login required)

View Item View Item