UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE BERNYANYI DI KELAS VII MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016

ANOM ISNADI, NIM. 11420028 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE BERNYANYI DI KELAS VII MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE BERNYANYI DI KELAS VII MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016)
11420028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE BERNYANYI DI KELAS VII MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016)
11420028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilaksanakan di MTs YAPI Sleman Yogyakarta, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kosakata Bahasa Arab dengan metode bernyanyi dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab dengan menggunakan metode bernyanyi pada siswa kelas VII MTs YAPI Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, penerapan pembelajaran kosakata bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi berjalan dengan baik dan lancar, proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dapat menumbuhkan antusias siswa. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control. Perbedaaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pre-test ke post-tes pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pre-tes sebasar 50,19 dan nilai post-tes sebesar 75,28 pada kelas eksperiemen, sedangkan pada kelas control rata-rata nilai pre-tes sebesar 49,28 dan nilai post-test sebesar 61,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan metode brnyanyi terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTS YAPI Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bapak Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi , Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Dec 2016 11:25
Last Modified: 22 Dec 2016 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum