POLA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB/C YAPENAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA

Ati Shofiyani NIM. 04471188, (2009) POLA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB/C YAPENAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (POLA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB/C YAPENAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POLA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB/C YAPENAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam, pada anak tunagrahita yang ada di SMPLB/C YAPENAS Condongcatur Yogyakarta dan untuk mengetahui hasil pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dengan pola yang diterapkan tersebut bagi anak tunagrahita yang ada di SMPLB/C YAPENAS Condongcatur Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar SMPLB/C YAPENAS tepatnya berada di wilayah Condongcatur, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diuraikan dengan mendeskripsikan data-data yang diperoleh di lapangan serta memberikan makna dari data yang berhasil dikumpulkan dan selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMPLB/C YAPENAS Condongcatur Yogyakarta adalah dengan menggunakan bentuk pembelajaran efektif dan model pembelajaran dengan gerak dan irama yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Dalam hal ini adalah materi Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan shalat. Ketika pembelajaran pada pokok bahasan tersebut, guru menggunakan kolaborasi antara dua bentuk pembelajaran tersebut, dan di harapkan siswa mampu menerima materi dengan baik. Adapun evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa adalah dengan menggunakan dua teknik evaluasi yaitu teknik tes dan non tes (praktek) dengan model penilaian sesuai dengan kriteria yang telah tetapkan. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran yang ada di SMPLB/C YAPENAS berhasil dengan baik terlihat dari perolehan nilai yang diwujudkan dengan nominal angka, nilai tersebutlah yang menjadi ukuran keberhasilan seorang guru mengajar siswanya berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Guru, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:38
Last Modified: 15 Mar 2017 01:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item