PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDUKTIF PADA MATA PELAJARAN NAHWU KELAS VII MTs NU TBS (TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH) KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017 (PEMBELAJARAN KITAB NAHWU ALFIYYAH)

M FARIS ABDUSSALAM, NIM. 12420035 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDUKTIF PADA MATA PELAJARAN NAHWU KELAS VII MTs NU TBS (TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH) KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017 (PEMBELAJARAN KITAB NAHWU ALFIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDUKTIF PADA MATA PELAJARAN NAHWU KELAS VII MTs NU TBS (TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH) KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017 (PEMBELAJARAN KITAB NAHWU ALFIYYAH))
12420035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDUKTIF PADA MATA PELAJARAN NAHWU KELAS VII MTs NU TBS (TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH) KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017 (PEMBELAJARAN KITAB NAHWU ALFIYYAH))
12420035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran deduktif pada mata pelajaran nahwu kelas VII MTs NU TBS Kudus tahun ajaran 2016/2017 yang meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan serta evaluasi. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan kitab Alfiyyah bagi siswa kelas VII mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran nahwu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yakni dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara kepada guru dan siswa terkait pembelajaran nahwu menggunakan kitab Alfiyyah sebagai referensi. Observasi dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran secara langsung. Dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang gambaran umum tempat penelitian. Prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif sehingga analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menguraikan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran deduktif pada mata pelajaran nahwu kelas VII MTs NU TBS Kudus tahun ajaran 2016/2017 cukup bagus. Model deduktif yang diterapkan dalam pembelajaran nahwu sudah sesuai dengan teori pembelajaran deduktif yang ada dan hasilnya cukup efektif. Meskipun perencanaan pembelajaran tidak terlulis, namun dalam pengorganisasian dan pelaksanaan pembelajaran berjalan efektif. Hal ini terlihat banyak siswa yang dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. evaluasi yang dilaksanakan yakni berupa tes maupun penugasan juga telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu menghendaki kemampuan siswa untuk menerapkan kaidah nahwu yang telah diperoleh dalam bacaan dan tulisan. Selain itu, dari hasil wawancara penggunaan kitab nahwu Alfiyyah sebagai kitab rujukan juga telah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Siswa dapat memahami materi dari kitab tersebut dan menerapkannya dengan baik dalam bacaan dan tulisan. Siswa tidak merasakan kesulitan dalam penggunaan kitab Alfiyyah, karena kebanyakan siswa sudah pernah mendapat pelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yuli Kuswandari, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran deduktif, Nahwu, Kitab Alfiyyah
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Dec 2016 13:14
Last Modified: 22 Dec 2016 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum