TEOLOGI PEMBEBASAN MUHAMMAD AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Awaluddin Hidayatulloh NIM. 04410690, (2009) TEOLOGI PEMBEBASAN MUHAMMAD AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TEOLOGI PEMBEBASAN MUHAMMAD AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM)
BBAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TEOLOGI PEMBEBASAN MUHAMMAD AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep teologi pembebasan dalam pemikiran Muhammad al-Ghazali dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap konsep tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran terhadap literatur karya-karya Muhammad al-Ghazali, khususnya yang berhubungan dengan sikap umat Islam terhadap sumber otoritas keagamaan. Analisis data dilakukan dengan cara menafsirkan data yang ditemukan kemudian penulis membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konsep Muhammad al-Ghazali ketika mendialogkan nash atau sumber otoritas keagamaan (Al-Quran dan Hadis) dengan konteks sosio-historis, terdapat tiga nilai pembebasan, yaitu: pertama, pembebasan akal dari belenggu taklid buta dan pembatasan optimalisasi penggunaan akal dalam menalar ajaran agama. Kedua, pembebasan dari belenggu fatalisme. Ketiga, pembebasan sakralisasi fatwa ulama terdahulu yang sudah tidak sesuai dengan konteks masa kini. Ketiga nilai pembebasan tersebut penulis simpulkan dengan istilah kebebasan berpikir, kebebasan bertindak, dan kritik terhadap tradisi yang mapan. 2) Relevansi konsep teologi pembebasan Muhammad al-Ghazali dengan tujuan pendidikan Islam terletak pada sikap umat Islam terhadap nilai-nilai ajaran agama. Dari konsep teologi pembebasan dalam pemikiran Muhammad al-Ghazali, terdapat tiga relevansi dengan tujuan pendidikan Islam, yakni: berpikir rasional, bertindak kontekstual, dan sikap toleran. Penulis memiliki asumsi bahwa jika tujuan pendidikan Islam mengandung tiga unsur tersebut, maka pendidikan Islam akan mampu mencetak generasi yang bisa mendialogkan nilai-nilai ajaran agama dengan kehidupan secara arif. Hal ini merupakan suatu usaha untuk menghadirkan wajah Islam yang indah penuh kedamaian, wajah Islam yang benar-benar menjadi rah}matan lil Ãalamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Teologi, Pembebasan, Muhammad Al-Ghazali, Relevansinya, Pendidikan, Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:54
Last Modified: 07 Aug 2017 04:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item View Item