RASIONALITAS KETIDAKTERLIBATAN PEREMPUAN DALAM POLITIK (STUDI MAHASISWI EKSTRA KAMPUS DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

MUHAMMAD FURQON, NIM. 12540022 (2016) RASIONALITAS KETIDAKTERLIBATAN PEREMPUAN DALAM POLITIK (STUDI MAHASISWI EKSTRA KAMPUS DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS KETIDAKTERLIBATAN PEREMPUAN DALAM POLITIK (STUDI MAHASISWI EKSTRA KAMPUS DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
12540022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS KETIDAKTERLIBATAN PEREMPUAN DALAM POLITIK (STUDI MAHASISWI EKSTRA KAMPUS DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
12540022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (717kB)

Abstract

Perempuan merupakan salah satu pilar penting dalam kehidupan berbangsa. Keterlibatannya dalam segala aspek kehidupan mempunyai warna khusus. Seperti halnya keterlibatannya dalam dunia politik adalah sebuah keniscayaan. Salah satu persoalan yang penting diteliti adalah permasalahan peran mahasiswa dalam politik juga ketidak terlibatan mahasiswi dalam politik. Mahasiwa dan mahasiswi yang ingin aktif berorganisasi berhak memilih berbagai kegiatan intra maupun ekstra kampus di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Namun tingkat partisipasi mahasiswa dalam politik rendah dan perempuan kurang berani untuk menjadi seorang pemimpin baik dalam ranah politik maupun dalam organisasi ektra kampus. Penelitian menggali bagaimana konstruksi perempuan dan bentuk diskriminasi dalam politik dan rasionalitas ketidak terlibatan perempuan dalam politik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, bersifat deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penulis melakukan observasi dan wawancara terhadap mahasiswa dan mahasiswi yang terlibat dalam ketidaktertarikan perempuan dalam politik. Data yang diperoleh dianalisis secara induktif, kemudian ditarik kesimpulan secara umum dengan pendekatan politik-sosiologis. Pisau analisis yang digunakan yakni teori gender dari Mansour Fakih dan teori rasionalitas Max Weber. Hasil penelitian tentang perempuan dan politik perempuan yang ikut berpartisipasi dalam politik sangat kecil dibanding dengan partisipasi kaum lakilaki, sehingga usulan yang dibuat oleh perempuan menghadapi tantangan dan hambatan. Diskriminasi gender perempuan membuat sebagian mereka trauma untuk memberikan peluang bagi dirinya untuk terjun dalam dunia politik. Faktor lain adalah ketimpangan-ketimpangan gender yang berakar dari sosial budaya mengakibatkan jumlah perempuan yang berpartisi dalam politik lebih sedikit dibandingkan laki-laki. Rasionalitas juga meliputi cara hidup yang dipilih oleh individu, pencarian secara terus menerus mencari cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan apapun dalam kehidupan sehari-harinya. Hambatan-hambatan pada politik perempuan dalam suatu organisasi yang ada di kampus dibagi menjadi dua yakni, hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal merupakan hambatan yang dialami oleh perempuan yang mana perempuan sulit masuk kedalam dunia politik dikarenakan berbagai hal yang menghambat mereka sendiri. Dan hambatan eksternal yakni merupakan hambatan yang dialami oleh perempuan dalam berpolitik yang mana hambatan tersebut perempuan mendapat kendala atau justru para kaum laki-laki mendukung adanya partisipasi perempuan dalam organisasi atau politik dalam kampus. Hambatan dalam politik bagi perempuan ternyata juga muncul kerena perempuan itu sendiri yang tidak menginginkanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nafilah Abdullah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Rasionalitas, perempuan,politik
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:53
Last Modified: 23 Dec 2016 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum