PENGARUH PEMAHAMAN AJARAN ISLAM TERHADAP ETOS KERJA PENGRAJIN BAMBU ( STUDI KASUS MASYARAKAT DUSUN KARANGASEM MUNTUK DLINGO BANTUL )

AVUT KHOIRI, NIM. 12540085 (2016) PENGARUH PEMAHAMAN AJARAN ISLAM TERHADAP ETOS KERJA PENGRAJIN BAMBU ( STUDI KASUS MASYARAKAT DUSUN KARANGASEM MUNTUK DLINGO BANTUL ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMAHAMAN AJARAN ISLAM TERHADAP ETOS KERJA PENGRAJIN BAMBU ( STUDI KASUS MASYARAKAT DUSUN KARANGASEM MUNTUK DLINGO BANTUL ))
12540085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMAHAMAN AJARAN ISLAM TERHADAP ETOS KERJA PENGRAJIN BAMBU ( STUDI KASUS MASYARAKAT DUSUN KARANGASEM MUNTUK DLINGO BANTUL ))
12540085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di tengah arus perubahan ekonomi saat ini dengan adanya era pasar bebas, maka kualitas sumber daya manusia benar-benar diuji untuk mempunyai etos kerja yang tinggi. Oleh karena itu diperlukan pemahaman keagamaan yang sifatnya spiritual, sehingga mampu menghadapi secara cerdas atas perubahanperubahan zaman yang semakin cepat dan terus-menerus. Semakin maju perkembangan zaman, manusia dituntut harus memiliki pekerjaan yang tetap. Dengan latarbelakang pendidikan yang rendah masyarakat pengrajin bambu di Dusun Karangase mampu melestarikan dan mengembangkan jenis-jenis kerajinan bambu hingga saat ini. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman keagamaan terhadap etos kerja masyarakat pengrajin bambu di Dusun Karangasem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan pengaruh pemahaman keagamaan masyarakat pengrajin bambu melestarikan dan mengembangkan jenis kerajinan bambu. Peneliti mengunakan teori tentang etos kerja yang memandang bahwa Agama juga memberikan kesadaran semangat manusia terhadap kegiatan ekonomi untuk memperoleh suatu kapital dari Max Weber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman keagamaan berkaitan dengan nilai-nilai etos kerja pengrajin bambu. Nilai etos kerja pengrajin bambu jujur, inovasi, bekerja keras, ketekunan, ketelitian dan disiplin. Pengaruh pemahaman keagaman pengrajin bambu berupa niat, memiliki rasa syukur dan memiliki jiwa wirasuasta. Pemahaman keagamaan membawa pengaruh terhadap etos kerja masyarakat pengrajin bambu ialah pertama, membawa perubahan berfikir pengrajin bambu, sehingga mampu mengembangkan jenis kerajinan bambu. Kedua, menjadikan pekerjaan kerajinan bambu yang dahulunya sebagai pekerjaan sampingan menjadi pekerjaan utama. Ketiga, pekerjaan sebagai pengrajin bambu merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT untuk memenuhi kewajiban mencari kebutuhan hidup bagi dirinya dan menafkahi keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Roma Ulinnuha.,S.S,.M.Hum,
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja, Pemahaman Keagamaan, Pengaruh Pemahaman Keagamaan dan masyarakat pengrajin bambu
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Dec 2016 10:09
Last Modified: 23 Dec 2016 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum