SKRIPSI PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MACHINE DENGAN METODE HEURISTIK ALGORITMA POUR, NEIGHBORHOOD SEARCH TECHNIQUES, DAN TABU SEARCH

WAHYU EDDY FATONI, NIM. 11660042 (2016) SKRIPSI PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MACHINE DENGAN METODE HEURISTIK ALGORITMA POUR, NEIGHBORHOOD SEARCH TECHNIQUES, DAN TABU SEARCH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MACHINE DENGAN METODE HEURISTIK ALGORITMA POUR, NEIGHBORHOOD SEARCH TECHNIQUES, DAN TABU SEARCH)
11660042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MACHINE DENGAN METODE HEURISTIK ALGORITMA POUR, NEIGHBORHOOD SEARCH TECHNIQUES, DAN TABU SEARCH)
11660042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penjadwalan didefinisikan sebagai pengalokasian sumber daya yang terbatas untuk mengerjakan sejumlah tugas. Penelitian ini membahas mengenai penjadwalan flow shop n job m machine dengan pendekatan metode heuristik algoritma Pour, Neighborhood Search Techniques, dan Tabu Search. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan dan mengetahui performansi antara ketiga metode heursitik tersebut untuk meminimalkan makespan. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data waktu proses berupa data random yang dibangkitkan dengan software Matlab 7.1. Kombinasi jumlah job dan machine yaitu skala kecil dengan kombinasi 8 jobs 3 machines (small size), skala sedang dengan kombinasi 13 jobs 3 machines (medium size), dan skala besar kombinasi 44 jobs 34 machines (large size). Parameter performansi yang digunakan yaitu makespan rata-rata, Efficiency Index (EI), Relative Error (RE), dan Run Time rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode terbaik untuk penjadwalan flow shop n job m machine dalam meminimalkan makespan adalah metode heuristik algoritma tabu search karena memiliki nilai makespan rata-rata terkecil yaitu 545.45 time unit dengan kombinasi 8 jobs 3 machines, 822.79 time unit dengan kombinasi 13 jobs 3 machines, dan 5135.44 time unit dengan kombinasi 44 jobs 34 machines. Hasil run time rata-rata diperoleh bahwa metode heuristik algoritma tabu search memiliki run time paling lama yaitu 4.851 detik dengan kombinasi 8 jobs 3 machines, 10.506 detik dengan kombinasi 13 jobs 3 machines, dan 111.889 detik dengan kombinasi 44 jobs 34 machines. Meskipun metode heuristik algoritma tabu search memiliki nilai run time paling lama, namun nilai run time tersebut masih dapat ditoleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, M.Eng.
Uncontrolled Keywords: flow shop, neighborhood search techniques, parameter performansi,penjadwalan, pour, tabu search
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Dec 2016 09:39
Last Modified: 27 Dec 2016 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23256

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum