ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN INFLASI, TERHADAP PENGANGGURAN TERBUKA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2010 – 2014

Fitriana Isnaeni Nur Azizah, NIM. 12810003 (2016) ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN INFLASI, TERHADAP PENGANGGURAN TERBUKA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2010 – 2014. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN INFLASI, TERHADAP PENGANGGURAN TERBUKA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2010 – 2014)
12810003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN INFLASI, TERHADAP PENGANGGURAN TERBUKA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2010 – 2014)
12810003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jawa Tengah merupakan provinsi yang secara potensial mempunyai kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang cukup banyak sebesar 33,52 juta jiwa, atau sekitar 13,29% dari jumlah penduduk Indonesia. Hal ini menempatkan Jawa Tengah sebagai provinsi ketiga di Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak. Besarnya jumlah penduduk Jawa Tengah akan mengakibatkan kenaikan pada jumlah angkatan kerja namun kesempatan kerja di Jawa Tengah masih terbatas sehingga akan mengakibatkan jumlah pengangguran menjadi meningkat. Pengangguran merupakan masalah ekonomi sosial jangka panjang yang dipengaruhi berbagai faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi (PDRB), dan inflasi berpengaruh terhadap pengangguran di Provinsi Jawa Tengah. Model penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal. Objek penelitian ini dilakukan pada seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah periode tahun 2010-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BPS Jawa Tengah. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel (time series dan cross section) menggunakan spesifikasi Random effect model dengan program Eviews 8.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam uji F variabel jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan inflasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap jumlah pengangguran di Jawa Tengah. Secara parsial variabel jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengangguran di Jawa Tengah, sedangkan tingkat inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran di Jawa Tengah. Berdasarkan koefisiensi determinasi (R2) diperoleh hasil nilai R-squared sebesar 0.557203 yang mengartikan bahwa 55,72 persen dari variabel terikat yaitu tingkat pengangguran di Provinsi Jawa Tengah dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas yaitu jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan inflasi. Sisanya sebesar 44,28 persen dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan kedalam model. Menurut konsep Qardhawi kondisi pengangguran di Jawa Tengah masuk dalam konsep pengangguran jabariyah dimana pengangguran tersebut disebabkan oleh keterbatasan keterampilan serta tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi. Kata Kunci: : Pengangguran, jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, inflasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Slamet Khilmi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengangguran, jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, inflasi
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Dec 2016 10:58
Last Modified: 28 Dec 2016 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum