OPTIMALISASI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LINEAR PROGRAMMING BESERTA ANALISIS SENSITIVITASNYA (STUDI KASUS PADA INDUSTRI TAHU H. MUADI)

ACHMAD SYUKUR ALBAR, NIM. 09141027 (2016) OPTIMALISASI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LINEAR PROGRAMMING BESERTA ANALISIS SENSITIVITASNYA (STUDI KASUS PADA INDUSTRI TAHU H. MUADI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LINEAR PROGRAMMING BESERTA ANALISIS SENSITIVITASNYA (STUDI KASUS PADA INDUSTRI TAHU H. MUADI))
11660030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LINEAR PROGRAMMING BESERTA ANALISIS SENSITIVITASNYA (STUDI KASUS PADA INDUSTRI TAHU H. MUADI))
11660030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri yang semakin pesat saat ini merupakan tantangan berat bagi dunia industri agar mampu bersaing dalam lingkungan usaha yang kompetitif. Sebuah usaha memerlukan suatu perencanaaan produksi yang baik untuk optimalisasi perencanaan produksi agar keuntungan yang diperoleh bisa menjadi lebih besar. Perencanaan produksi merupakan perencanaan tentang produk apa dan berapa yang akan diproduksi oleh perusahaan dalam satu periode produksi. Perusahaan Tahu H. Muadi adalah sebuah Indistri Kecil Menengah yang bergerak di bidang industri makanan yaitu produk tahu. Tahu yang diproduksi sebanyak empat jenis produk dengan berbagai ukuran yang berbeda. Dalam upaya untuk memaksimalkan keuntungan, pada penelitian ini digunakan solusi fuzzy linear programming beserta analisis sensitivitasnya untuk menentukan jumlah produk yang akan diproduksi. Dalam penelitian ini untuk menyelesaikan model yang dibentuk dari fuzzy linear programming akan digunakan software LINDO. Dari pengolahan data menggunakan software LINDO didapatkan besarnya keuntungan yang diperoleh perusahaan Tahu H Muadi sebanyak Rp. 522.755,- dengan ketentuan memproduksi tahu putih sebanyak 1309 potong, tahu kulit ukuran 8x8 sebanyak 1080 potong, tahu kulit ukuran 9x9 sebanyak 562 potong, tahu kulit ukuran 10x11 sebanyak 1423 potong, tahu kulit ukuran 27x27 sebanyak 2187 potong, tahu asin sebanyak 233 potong, tahu pong ukuran 8x8 sebanyak 379 potong, tahu pong ukuran 9x9 sebanyak 810 potong, tahu pong ukuran 10x11 sebanyak 2200 potong, dan tahu pong ukuran 27x27 sebanyak 2916 potong. Dengan ini maka solusi fuzzy linear programming memberikan hasil lebih maksimum dibanding dengan metode linear programming biasa yakni adanya penambahan keuntungan sebesar Rp. Rp. 43.278,-

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Husna Ainu Syukri, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Fuzzy linear progamming, analisis sensitivitas, dan software LINDO
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Dec 2016 02:53
Last Modified: 27 Dec 2016 02:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23261

Actions (login required)

View Item View Item