ANALISIS PERBANDINGAN POTENSI KECAMATAN MAJENANG DAN KECAMATAN SIDAREJA SEBAGAI CALON IBUKOTA PEMERINTAHAN DALAM PEMEKARAN KABUPATEN CILACAP BARAT (DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH)

SITI NUR KHOLIFAH, NIM. 12810006 (2016) ANALISIS PERBANDINGAN POTENSI KECAMATAN MAJENANG DAN KECAMATAN SIDAREJA SEBAGAI CALON IBUKOTA PEMERINTAHAN DALAM PEMEKARAN KABUPATEN CILACAP BARAT (DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN POTENSI KECAMATAN MAJENANG DAN KECAMATAN SIDAREJA SEBAGAI CALON IBUKOTA PEMERINTAHAN DALAM PEMEKARAN KABUPATEN CILACAP BARAT (DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH))
12810006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN POTENSI KECAMATAN MAJENANG DAN KECAMATAN SIDAREJA SEBAGAI CALON IBUKOTA PEMERINTAHAN DALAM PEMEKARAN KABUPATEN CILACAP BARAT (DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH))
12810006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena ketidakmerataan pembangunan menimbulkan masalah disparitas antar wilayah. Seperti yang dialami Kabupaten Cilacap yang luas wilayahnya mencapai 225.360.840 km², hampir tiga kali lipat luas Kabupaten Purbalingga dan dua kali lipat luas Kabupaten Banyumas. Hal ini mengakibatkan adanya ketimpangan khususnya dalam pelaksanaan urusan administrasi. Upaya pemerataan guna mengatasi ketimpangan pembangunan antar wilayah terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap yakni dengan melakukan pemekaran daerah Cilacap Barat dan Cilacap Timur. Majenang dan Sidareja merupakan kecamatan yang menjadi pusat pertumbuhan kabupaten Cilacap di bagian barat Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kecamatan yang berpotensi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan layak menjadi ibukota pemerintahan di Kabupaten Cilacap Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari BPS Provinsi Jawa Tengah, BPS Kabupaten Cilacap dan jurnal serta literatur yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu Tipologi Klassen, Analisis Location Quotient (LQ), Model Rasio Pertumbuhan (MRP), Analisis Overlay, Analisis Skalogram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecamatan Majenang sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan layak menjadi ibukota pemerintahan Kabupaten Cilacap Barat. Keyword: Ketimpangan Daerah, Pemekaran Wilayah, ibukota pemerintahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. KURNIA RAHMAN ABADI., SE., MM
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan Daerah, Pemekaran Wilayah, ibukota pemerintahan
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Dec 2016 10:58
Last Modified: 28 Dec 2016 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum