ANALISIS PENGARUH CAHAYA DAN KEBISINGAN TERHADAP HUMAN ERROR PEKERJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DI LABORATORIUM ERGONOMI SAINTEK UIN SUNAN KALIJAGA)

MUHAMMAD SOBRAH, NIM. 09660043 (2016) ANALISIS PENGARUH CAHAYA DAN KEBISINGAN TERHADAP HUMAN ERROR PEKERJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DI LABORATORIUM ERGONOMI SAINTEK UIN SUNAN KALIJAGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH CAHAYA DAN KEBISINGAN TERHADAP HUMAN ERROR PEKERJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DI LABORATORIUM ERGONOMI SAINTEK UIN SUNAN KALIJAGA))
09660043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH CAHAYA DAN KEBISINGAN TERHADAP HUMAN ERROR PEKERJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DI LABORATORIUM ERGONOMI SAINTEK UIN SUNAN KALIJAGA))
09660043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Dalam suatu lingkungan kerja, manusia mempunyai peranan yang penting didalam suatu pekerjaan dimana manusia berperan sebagai perencana dan perancang suatu system kerja. Didalam melakukan pekerjaanya manusia selalu dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya faktor yang berpengaruh tersebut adalah kondisi lingkungan kerja dan kondisi fisik manusia. Penelitian ini menggunakan pengaruh cahaya dan kebisingan terhadap terjadinya error kerja manusia dengan menggunakan pengamatan terhadap 18 orang reponden, dimana 9 responden Laki-laki dan 9 responden Perempuan untuk kemudian dilakukan percobaan simulasi kerja sederhana merakit mobil mainan tamiya 4wd. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara cahaya dan kebisingan terhadap Human Error tiap responden. Untuk mengetahui hasil output digunakan uji annova dua arah (two ways annova). Setelah dilakukan pengamatan terhadap 16 responden dalam perlakuan cahaya dan kebisingan terhadap Human Error pekerja Laki-laki dan Perempuan dilakukan uji statistik dengan uji annova dua arah (Two ways annova), didapat hasil responden/pekerja Laki-laki faktor kebisingan dengan nilai signifikansi sebesar 0.007 0.05 dan faktor cahaya dengan nilai signifikansi 0.015 0.05, yang artinya kedua faktor tersebut berpengaruh terhadap Human Error pada pekerja Laki-laki. Dan untuk responden Perempuan diperoleh nilai signifikansi 0.000 0.05 untuk faktor kebisingan, dan nilai signifikansi 0.022 0.05 untuk faktor cahaya. Dapat dikatakan bahwa kedua faktor juga mempengaruhi terjadinya Human Error pada pekerja Perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Tutik Farikhah, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: kondisi lingkungan kerja, cahaya, kebisingan, Human Error, lakilaki dan perempuan, uji two ways annova
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Dec 2016 14:04
Last Modified: 27 Dec 2016 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23265

Actions (login required)

View Item View Item