SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENGENDALIAN PERSEDIAN BAHAN BAKU DENGAN MODEL PROBABILISTIK (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN PLASTIK LILIN TERANG, BANTUL, YOGYAKARTA)

DALHAR ZAINI, NIM. 09660042 (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENGENDALIAN PERSEDIAN BAHAN BAKU DENGAN MODEL PROBABILISTIK (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN PLASTIK LILIN TERANG, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENGENDALIAN PERSEDIAN BAHAN BAKU DENGAN MODEL PROBABILISTIK (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN PLASTIK LILIN TERANG, BANTUL, YOGYAKARTA))
09660042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENGENDALIAN PERSEDIAN BAHAN BAKU DENGAN MODEL PROBABILISTIK (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN PLASTIK LILIN TERANG, BANTUL, YOGYAKARTA))
09660042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perusahaan Plastik Lilin Terang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pemomotongan plasik (kantong plastik; putih, merah, hitam, transparan). Permasalahan yang dihadapi adalah mengenai pembelian bahan baku. Sistem pembelian bahan baku hanya didasarkan perkiraan saja. Untuk menentukan seberapa banyak plastik yang harus dipesan, dan kapan pemesanan harus dilakakukan hanya mengandalkan satu orang dibagian administrasi sehingga ketika orang dibagian administrasi berhalangan akan berakibat fatal, karena seorang pengganti belum tentu bisa mengerti tentang kapan dilakukannya pemesanan barang atau seberapa banyak barang yang akan dipesan. Pada penelitian ini dirancang sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk pengendalian persediaan bahan baku ini membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan seberapa banyak pemesanan yang optimal, berapa stok pengaman, dan dititik berapa pemesanan harus dilakukan. Metode yang digunakan dalam peramalan permintaan menggunakan Regresi Linier, sedangkan model untuk pegendalikan persediaan bahan baku menggunakan probabilistik dengan kasus Back Order. Dari SPK yang dirancang diperoleh hasil kuatitas pemesanan yang optimal sebesar 7,89 ton, safety stock 0,035 ton, reorder point 0,85 ton dengan total biaya inventory sebesar Rp 1.623.467,50.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina, M.Eng.
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Persediaan, Regresi Linier, Inventory, Reorder Point,Safety Stock, Probabilistik, Back Order, Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Dec 2016 14:45
Last Modified: 27 Dec 2016 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum