ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA KOTA/KABUPATEN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2014

ROFIAH, NIM. 12810020 (2016) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA KOTA/KABUPATEN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2014. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA KOTA/KABUPATEN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2014)
12810020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA KOTA/KABUPATEN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2014)
12810020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkonomian dalam setiap daerah khususnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pasti terdapat suatu perbedaan. Baik dari sisi pendapatan asli daerah, jumlah industri, jumlah penduduk, maupun letak suatu daerahnya. Hal tersebut dapat dikarenakan suatu daerah mempunyai ciri khas tersendiri, seperti mata pencahariannya. Sehingga dengan adanya ciri khas dalam setiap daerah, maka dapat memungkinkan kinerjanya pun juga berbeda, khususnya dari sisi keuangannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan dalam pemerintah daerah pada kota/kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kinerja keuangan yaitu untuk melihat sejauh mana suatu daerah dalam mengelola keuangannya. Untuk mengukur tingkat kinerja keuangan tersebut, maka dapat menggunakan rasio keuangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian statistik deskriptif. Sampel yang diambil yaitu kota/kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Variabel yang digunakan yaitu rasio kemandirian, rasio efektivitas, rasio efisiensi, rasio aktivitas dan rasio pertumbuhan. Data dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diambil dari Laporan Realisasi Anggaran tahun 2012 sampai 2014. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan yaitu menggunakan uji beda One Way Anova dan Kruskal Wallis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rasio kemandirian dan rasio efektifitas antara kabupaten yang satu dengan kabupaten yang lainnya terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan pemerintah daerah kota/kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012-2014. Sedangkan ketiga Rasio yang lainnya menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan pemerintah daerah pada kota/kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012-2014. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa kelima kabupaten tersebut dalam mengelola keuangannya tidak jauh berbeda antara kabupaten yang satu dengan kabupaten yang lainnya. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Pemerintah Daerah, Rasio Kemandirian, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, Rasio Aktivitas, dan Rasio Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M.SI, AK., CA
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Pemerintah Daerah, Rasio Kemandirian, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, Rasio Aktivitas, dan Rasio Pertumbuhan.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:09
Last Modified: 30 Dec 2016 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum