ANALISIS PENGARUH EKSPOR KOMODITI CPO (CRUDE PALM OIL) DAN PERDAGANGAN LUAR NEGERI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI RIAU TAHUN 2001-2014

HIKMAH SUPRIHATIN, NIM. 12810021 (2016) ANALISIS PENGARUH EKSPOR KOMODITI CPO (CRUDE PALM OIL) DAN PERDAGANGAN LUAR NEGERI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI RIAU TAHUN 2001-2014. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH EKSPOR KOMODITI CPO (CRUDE PALM OIL) DAN PERDAGANGAN LUAR NEGERI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI RIAU TAHUN 2001-2014)
12810021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH EKSPOR KOMODITI CPO (CRUDE PALM OIL) DAN PERDAGANGAN LUAR NEGERI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI RIAU TAHUN 2001-2014)
12810021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi provinsi Riau adalah tingkat pertumbuhan yang kurang mengalami percepatan, dimana pertumbuhan tiap tahun rata-rata masih berada di sekitar 3,6 %, sedangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sekitar 5%. Sehingga diperlukan suatu pengkajian untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pertumbuhan provinsi Riau. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi Riau adalah ekspor CPO dan perdagangan internasional. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekspor komoditas CPO (crude palm oil) terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi Riau, kemudian untuk mengetahui pengaruh perdagangan internasional Provinsi Riau terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi Riau, dan untuk mengetahui pengaruh perdagangan internasional dan ekspor CPO provinsi Riau terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan data pertumbuhan ekonomi provinsi Riau dan ekspor CPO provinsi Riau. Disamping itu penelitian ini juga memanfaatkan data perdagangan internasional ekspor neto dari tahun 2001 hingga 2014. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari BPS provinsi Riau dan BAPPEDA provinsi Riau. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda menggunakan Metode OLS (Ordinary Last Square) yaitu uji Statistik dan uji Asumsi Klasik. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode OLS (Ordinary Last Square) dengan melakukan analisis uji F yang dilakukan dapat diketahui bahwa ekspor CPO dan perdagangan internasional berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi Riau. Berdasarkan hasil analisis uji T menunjukkan bahwa ekspor CPO berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi Riau, karena dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan kualitas hidup masyarakat di Propinsi Riau yang merata, menurut Gubernur Riau H.M. Rusli Zaenal. Sedangkan variabel perdagangan internasional tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi Riau, karena perdagangan internasional dapat menambah utang luar negeri yang berakibat pada berkurangnya cadangan devisa provinsi Riau. Nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,2990, hal ini berarti bahwa variabel pertumbuhan ekonomi provinsi Riau mampu dijelaskan sebesar 29,90% oleh variabel independen berupa ekspor cpo dan perdagangan luar negeri, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel produksi, konsumsi, distribusi, investasi yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau, Ekspor CPO, Perdagangan Internasional, OLS (Ordinary Last Square).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M.KURNIA RAHMAN ABADI S.E, M.M.
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau, Ekspor CPO, Perdagangan Internasional, OLS (Ordinary Last Square).
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Dec 2016 15:24
Last Modified: 28 Dec 2016 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum