PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH YOGYAKARTA

Daryono NM. 01420542, (2009) PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB 1,V.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mendeskripsikan lebih jauh bagaimana proses penerapan Quantum Learning dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta, dan juga untuk menganalisis sejauh mana keberhasilan penerapan Quantum Learning dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta, Hasil yangdicapai satri dalam mata pelajaran Nahwu, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan pendekatan adalah pedagogis. Adapun jumlah populasi sebanyak 22 orang yang terdiri dari satu ustadz nahwu kelas I dan seluruh santri kelas I yang berjumlah 21 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obserfasi, angket, interview, dokumentasi, kuesioner dan test. Analisis data yang digunakan adalah deskriftif analitik dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk untuk menganalisa data yang tidak berupa angka yaitu dengan metode induktif dan deduktif. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk digunakan untuk menganalisa data yang berupa angka. Rumus yang digunakan adalah rumus distribusi frekwensi relatif dan rumusnilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penerapan Quantum Learning sebagai pendekatan dan metode pembelajaran nahwu sudah diterapkan dengan baik walaupun tidak semua teori dan konsep Quantum Learning diterapkan sepenuhnya dalam artian hanya menerapkan beberapa konsep diantaranya : Lima keyakinan yang meningkatkan emosi positif, selain lima keyakinan tersebut juga diterapkan seperangkat metode dan falsafah belajar yang mengintegrasikan lingkungan, fisik, suasana, interaksi, metode, dan teknik belajar untuk mempelajari keterampilan, yang semua aspek tersebut akan melahirkan keyakinan dan nilai-nilai. (2) Hasil yang dicapai santri dalam belajar nahwu dengan pendekatan dan metode Quantum Learnig sangat baik (nilai rata-rata kelas = 85). (3) Faktor pendukung dalam dalam pembelajaran nahwu diantaranya adalah penerapan Quantum Learning dalam pembelajaran nahwu yang terbukti berhasil, adanya semangat ustadz nahwu yang sangat tinngi, adanya motifasi dan antusiame santri untuk belajar nahwu, adanya kedekatan/persahabatan antara ustadz dangan santri, serta tersedianya sarana dan media pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah belum adanya kesepakatan sistem untuk menerapkan Quantum Learning sebagai metode dan pendekatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Quantum Learning, Pembelajaran, Nahwu
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:16
Last Modified: 03 Apr 2017 02:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item