ANALISIS PERAWATAN MESIN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PERUSAHAAN KONVEKSI RATNA

ADRI YAHYA PAMUNGKAS, NIM. 09660017 (2016) ANALISIS PERAWATAN MESIN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PERUSAHAAN KONVEKSI RATNA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERAWATAN MESIN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PERUSAHAAN KONVEKSI RATNA)
09660017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERAWATAN MESIN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PERUSAHAAN KONVEKSI RATNA)
09660017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (695kB)

Abstract

Disebuah perusahaan manufaktur, hasil produk yang berkualitas adalah salah satu tujuan utamanya. Produk tersebut harus dapat bersaing di pasar global dan juga mampu memenuhi permintaan pasar karena apabila produk yang dihasilkan tidak dapat memenuhi permintaan pasar, maka produk tersebut akan kalah bersaing dengan produk yang lain. Salah satu faktor untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan mesin produksi. Salah satunya dengan menganalisis perawatan mesin. Dalam penelitian ini menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Data yang diambil salah satunya adalah dengan mengetahui kerusakan mesin yang terjadi di perusahaan konveksi Ratna yang bertempat di Magelang. Hasil pengolahan dari metode RCM adalah mesin yang sering mengalami kerusakan aalah mesin jahit sebanyak 19 kali kerusakan dan nilai Risk Priority Number (RPN) yang terbesar dari setiap komponen adalah komponen rotari dengan nilai RPN 343. Maka komponen rotari diprioritaskan lebih utama untuk ditindak lanjuti. Terdapat 17 komponen yang diatasi secara condition directed (CD) yaitu kebijakan perawatan melakukan pengamatan dan pemeriksaan secara berkala. 2 komponen diatasi secara Time Directed (TD) yaitu suatu tindakan yang bertujuan untuk mendeteksi kerusakan dengan cara memeriksa alat. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan gejala-gejala kerusakan peralatan maka dilanjutkan dengan perbaikan atau penggantian komponen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Tutik Farihan S.T,.M.Sc
Uncontrolled Keywords: Reliability Centered Maintenance, FMEA, LTA
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Dec 2016 07:34
Last Modified: 28 Dec 2016 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23294

Actions (login required)

View Item View Item